Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2018, 17:17 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Gaya hidup tidak sehat membuat banyak orang secara sadar maupun tidak mengalami obesitas. Obesitas adalah kata lain dari kelebihan berat badan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kita masuk ke dalam kategori obesitas. Misalnya, mengukur indeks masa tubuh (BMI). Mereka yang memiliki BMI di atas 30 dianggap sudah masuk kategori obesitas.

Selain itu, pria yang memiliki lingkar pinggang melebihi batas (pria 101 cm ke atas dan wanita 89 cm ke atas) juga bisa tergolong obesitas.

Ketika seseorang mengalami obesitas, risiko sejumlah penyakit pun meningkat. Mulai dari diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Olahraga bisa menjadi cara untuk menjaga kebugaran fisik dan memaksimalkan fungsi tubuh, seperti apapun bentuk tubuh kita.

Namun, orang yang mengalami obesitas perlu memilih jenis olahraga yang tepat agar bisa membantu meraih berat tubuh yang ideal.

Beberapa manfaat olahraga lainnya adalah meningkatkan sirkulasi darah dengan menurunkan kolesterol, menjaga otot tubuh, meningkatkan tingkat metabolisme, meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, menghindarkan dari diabetes, dan masih banyak manfaat lainnya.

Nah, setidaknya ada empat jenis olahraga yang tepat untuk kamu lakukan jika mengalami obesitas, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah salah satu olahraga terbaik dan termudah yang tak membutuhkan peralatan apapun serta bisa dilakukan dimana saja.

Jalan kaki adalah olahraga low impact moderat atau olahraga yang gerakan kedua kakinya masih menempel di lantai sepanjang sesi olahraga.

Rutin jalan kaki akan meningkatkan kekuatan dan mobilitas terutama pada bagian bawah tubuh serta mampu membantu menurunkan berat badan dengan cara yang aman.

Dalam sehari, kita dianjurkan untuk jalan kaki minimal selama 10 hingga 15 menit.

Baca juga: Simak, 4 Alasan untuk Mulai Rutin Jalan Kaki 

2. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan membawa banyak manfaat bagi mereka yang mengalami obesitas. Latihan kekuatan dapat memperbaiki postur tubuh seseorang yang selama ini membawa ekstra berat tubuh, meningkatkan range of motion (kemampuan gerakan) pada persendian, membentuk otot, dan meningkatkan metabolisme, bahkan ketika tubuh beristirahat.

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com