Kompas.com - 12/10/2018, 17:17 WIB
Ilustrasi lari coffeekaiIlustrasi lari
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Gaya hidup tidak sehat membuat banyak orang secara sadar maupun tidak mengalami obesitas. Obesitas adalah kata lain dari kelebihan berat badan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kita masuk ke dalam kategori obesitas. Misalnya, mengukur indeks masa tubuh (BMI). Mereka yang memiliki BMI di atas 30 dianggap sudah masuk kategori obesitas.

Selain itu, pria yang memiliki lingkar pinggang melebihi batas (pria 101 cm ke atas dan wanita 89 cm ke atas) juga bisa tergolong obesitas.

Ketika seseorang mengalami obesitas, risiko sejumlah penyakit pun meningkat. Mulai dari diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Olahraga bisa menjadi cara untuk menjaga kebugaran fisik dan memaksimalkan fungsi tubuh, seperti apapun bentuk tubuh kita.

Namun, orang yang mengalami obesitas perlu memilih jenis olahraga yang tepat agar bisa membantu meraih berat tubuh yang ideal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa manfaat olahraga lainnya adalah meningkatkan sirkulasi darah dengan menurunkan kolesterol, menjaga otot tubuh, meningkatkan tingkat metabolisme, meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, menghindarkan dari diabetes, dan masih banyak manfaat lainnya.

Nah, setidaknya ada empat jenis olahraga yang tepat untuk kamu lakukan jika mengalami obesitas, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah salah satu olahraga terbaik dan termudah yang tak membutuhkan peralatan apapun serta bisa dilakukan dimana saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.