Kompas.com - 13/10/2018, 22:04 WIB
Ilustrasi pasangan DragonImagesIlustrasi pasangan
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak kecil kita terus menerus diajarkan untuk terbiasa mengatakan tiga kata penting: maaf, tolong dan terima kasih.

Tapi, pada kenyataannya banyak orang yang tak terbiasa mengucapkan hal tersebut kepada orang-orang terdekat, termasuk ketika sudah dewasa. Misalnya, kepada pasangan.

Terima kasih adalah salah satu bentuk reward atau hadiah terhadap pasangan, yang sebetulnya juga perlu kita berikan kepada siapa saja.

Menghargai setiap tindakan pasangan sangatlah diperlukan, baik ketika belum menikah maupun sudah menikah.

"Apa yang biasa dilakukan banyak pasangan? Sudah enggak pernah bilang "thank you", merasa sudah seharusnya si dia melakukan itu jadi kita enggak menghargai lagi."

Hal itu diungkapkan Relationship Coach sekaligus Pendiri KelasCinta.com, Kei Savourie dalam seminar bertajuk "Relationship Blueprint" yang diselenggarakan di Grand Orchardz Kemayoran, Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

Misalnya, ketika pasangan mengantar-jemput kita ke manapun. Banyak dari kita merasa hal itu wajar dilakukan seseorang terhadap pasangannya sehingga lama-kelamaan tidak lagi memberikan ucapan terima kasih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal Spooning, Pelukan yang Dongkrak Keintiman Pasangan

Itu hanya satu contoh dari banyak sekali kebaikan yang dilakukan oleh pasangan kita. Namun, karena kita berpikir kebaikan tersebut sudah seharusnya menjadi hak kita maka ucapan terima kasih tak lagi meluncur dari mulut kita.

Kei menambahkan, mengucapkan terima kasih kepada siapa saja sebetulnya bawaan sejak kecil. Biasanya, mereka yang tak terbiasa mengucapkannya dibesarkan di keluarga yang memang sejak kecil tak terbiasa mengucapkan terima kasih.

Meskipun, ada pula mereka yang tak terbiasa melakukannya karena gengsi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.