Kompas.com - 15/10/2018, 12:57 WIB
Ilustrasi boneka ThinkstockphotosIlustrasi boneka

KOMPAS.com - Boneka dengan rupa anak perempuan, berambut panjang, bulu mata lentik, dan bibir tersenyum, ternyata bisa membuat banyak orang takut.

Apalagi cukup banyak film horor yang memakai boneka sebagai tokoh hantunya, misalnya saja Annabelle atau Chucky.

Menurut psikolog klinis Kate Wolitzky-Taylor, PhD, anak-anak kecil sebenarnya tidak takut pada boneka.

"Kita tidak terlahir takut dengan boneka, malah kebanyakan anak kecil menyukainya," ujarnya.

Wolizky-Taylor menjelaskan, kita mulai mengasosiasikan rasa takut dari situasi yang memicu takut dengan boneka, walau sebenarnya boneka itu terlihat tak berdosa.

"Mengaitkan boneka dengan rasa seram atau stimulus menakutkan lain bisa dipicu oleh perasaan cemas atau takut ketika dihadapkan dengan boneka atau gambar boneka," kata Wolizky-Taylor.

Ia menambahkan, mempelajari adalah faktor terbesar timbulnya takut, apakah itu kita pelajari sendiri secara langsung atau dari orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian orang bahkan mengalami rasa takut berlebihan alias fobia pada boneka. Jenis fobia ini disebut juga dengan Pediophobia.

Penelitian mengenai ketakutan pada boneka pernah dilakukan. Peneliti dari Jepang, Masahiro Mori mengungkapkan, sebagian orang juga merasa tidak nyaman dengan robot, apalagi jika robot itu sangat mirip dengan manusia.

Pada awalnya, manusia merespon biasa saja pada robot. Tetapi, ketika robot dibuat seperti hidup, termasuk memiliki karakter manusia, maka kebanyakan orang menilainya sebagai sesuatu yang menyeramkan.

Sebuah survei internasional yang melibatkan lebih dari 1000 orang tentang hal yang menimbulkan "rasa seram" juga memberi hasil yang ambigu.

Ketika sesuatu memiliki lebih dari satu interpretasi, maka ini akan jadi faktor terbesar timbulnya rasa takut.

Misalnya saja boneka atau badut di film horor, wajar jika menimbulkan takut. Tetapi ketika sesuatu atau seseorang yang tidak berbahaya, sebut saja boneka di lemari pajangan, akan terlihat sulit diprediksi bagi kita dan akhirnya memunculkan rasa takut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.