Ini Kebiasaan yang Bikin Pekerjaan Lebih Sulit dari Seharusnya

Kompas.com - 18/10/2018, 09:57 WIB
Ilustrasi NEWS.HEALTH.COM/ GETTY IMAGESIlustrasi

KOMPAS.com — Ketika berangkat ke kantor tiap pagi terasa seperti siksaan, sebenarnya kita membuat pekerjaan kita menjadi lebih sulit dari yang seharusnya.

Jika kita merasa tidak puas dengan karier, kita membuat semua hal dalam hidup terasa berantakan.  Perasaan ini akan terus membesar seperti bola salju sampai kita benar-benar apatis dan benci dengan pekerjaan.

Situasi ini dapat memicu kelelahan mental, performa kerja menurun, dan yang terburuk menyebabkan kita dipecat.

Pada dasarnya, hampir semua situasi dalam pekerjaan bisa diperbaiki. Salah satunya adalah dengan menghindari empat kebiasaan yang membuat job desc lebih sulit.

1. Menunda pekerjaan
Pakar manajemen dan penulis buku Brian Tracy menyarankan untuk memulai dengan tugas yang paling penting, sulit, dan terbesar.

Konsep ini disebut juga dengan "memakan katak". Jika kita sarapan dengan katak, secara umum kita yakin bahwa bagian paling buruk pada hari itu sudah dilalui.

Ketika kita sudah menyelesaikan bagian ini, tugas-tugas lain tak terasa sulit dan tentunya hari kita akan berjalan lebih baik.

Cek apa daftar tugas harian kita dan pilih yang paling sulit. Segera selesaikan sebaik-baiknya.

Baca juga: Awas, Penggunaan Medsos yang Tak Bijak Bisa Pengaruhi Karir

2. Mengisolasi diri
Namanya juga manusia, kita pasti memiliki keterbatasan dan tak mungkin menyelesaikan semua sendiri.

Pekerjaan kita akan lebih cepat selesai jika kita percaya pada kolega. Kerja sama juga akan meningkatkan rasa nyaman bekerja, memperat hubungan, dan mendongkrak kreativitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X