Kompas.com - 19/10/2018, 07:03 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Memakai pelembab bibir alias lip balm harus menjadi rutinitas untuk menghindari kondisi bibir kering dan pecah-pecah.

Ada berbagai jenis lip balm, salah satu yang cukup sering dipakai adalah kemasan berbentuk jar atau tabung kecil.

Kebanyakan orang mengoleskannya dengan jari. Padahal, kebiasaan ini sebenarnya tidak sehat jika kita sebelumnya tidak mencuci tangan.

Dalam tangan yang kotor terdapat bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang bisa berpindah masuk ke dalam jar lip balm dan bibir.

Hal yang paling buruk adalah kita memakai lip balm setelah tangan menyentuh gagang pintu, uang, atau ponsel, yang bisa saja mengandung bakteri.

"Walau ada antigen di dalam lip balm untuk mencegah pertumbuhan bakteri, tetapi tidak bisa melindungi bila kita malas mencuci tangan sebelum pakai lip balm," kata pakar penyakit menular Elaine Larson.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini akan membuat tempat lip balm kamu menjadi sama kotornya dengan toilet umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Cegah hal ini dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh lip balm," kata Larson.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.