Kompas.com - 20/10/2018, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Orang yang mampu menertawakan diri sendiri biasanya adalah orang bahagia, santai, dan lebih damai. Lebih dari itu, ternyata menurut studi mereka juga cenderung punya kepuasan seksual lebih tinggi.

Demikian menurut survei online terhadap 154 pasangan heteroseksual. Responden menjawab pertanyaan tentang preferensi lelucon, sexual chemistry, frekuensi argumen dan kebahagiaan secara keseluruhan dalam hubungan.

Hasilnya, orang-orang yang menikmati mengolok-olok diri mereka sendiri atau senang orang mentertawakan—biasa disebut gelotophilia—juga lebih menyenangkan saat berhubungan seksual.

Korelasi antara kedua hal ini lebih kuat pada responden perempuan. 

Sebaliknya, mereka yang takut ditertawakan—bahkan karena alasan biasa saja—melaporkan kepuasan seksual yang lebih rendah dalam hubungan mereka secara keseluruhan. Pasangan mereka juga kurang bahagia jika memiliki pasangan yang takut ditertawakan.

Di sisi lain, responden yang kerap mencemooh dan mengejek orang lain disebut memiliki tingkat konflik lebih besar dalam hubungan.

Hmm, kalau begitu jangan diambil hati kalau orang mentertawakan kamu ya…

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.