Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang yang Menertawakan Diri Sendiri Lebih Puas dalam Hubungan Seks

Kompas.com - 20/10/2018, 09:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orang yang mampu menertawakan diri sendiri biasanya adalah orang bahagia, santai, dan lebih damai. Lebih dari itu, ternyata menurut studi mereka juga cenderung punya kepuasan seksual lebih tinggi.

Demikian menurut survei online terhadap 154 pasangan heteroseksual. Responden menjawab pertanyaan tentang preferensi lelucon, sexual chemistry, frekuensi argumen dan kebahagiaan secara keseluruhan dalam hubungan.

Hasilnya, orang-orang yang menikmati mengolok-olok diri mereka sendiri atau senang orang mentertawakan—biasa disebut gelotophilia—juga lebih menyenangkan saat berhubungan seksual.

Korelasi antara kedua hal ini lebih kuat pada responden perempuan. 

Sebaliknya, mereka yang takut ditertawakan—bahkan karena alasan biasa saja—melaporkan kepuasan seksual yang lebih rendah dalam hubungan mereka secara keseluruhan. Pasangan mereka juga kurang bahagia jika memiliki pasangan yang takut ditertawakan.

Di sisi lain, responden yang kerap mencemooh dan mengejek orang lain disebut memiliki tingkat konflik lebih besar dalam hubungan.

Hmm, kalau begitu jangan diambil hati kalau orang mentertawakan kamu ya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com