Pria Juga Berisiko Kanker Payudara, Ini Gejalanya

Kompas.com - 21/10/2018, 11:07 WIB
Ilustrasi kanker TOTO SIHONOIlustrasi kanker

KOMPAS.com - Kanker payudara seringkali diidentikan dengan wanita daripada pria. Kanker ini telah mempengaruhi sekitar satu dari delapan wanita dalam kehidupan mereka.

Nyatanya, pria juga bisa terkena penyakit berbahaya ini, meski kasusnya sangat langka.

Saat memasuki masa pubertas, perempuan lebih berisiko tinggi mengalami kanker payudara.

Menurut organisasi amal pendukung kanker, Macmillan, lelaki masih memiliki jaringan payudara. Inilah yang membuat mereka tetap rentan mengalami risiko kanker payudara.

Hingga pubertas, jaringan payudara pada anak laki-laki dan perempuan adalah sama.

Keduanya memiliki sedikit jaringan payudara di belakang puting dan areola atau daerah kulit yang lebih gelap di sekitar puting.

Jaringan payudara tersebut terdiri dari beberapa tabung kecil atau saluran yang dikelilingi oleh jaringan lemak, jaringan ikat, pembuluh darah dan pembuluh limfatik.

Para peneliti Mayo Clinic di Florida baru-baru ini sedang mengembangkan vaksin anti-kanker yang diyakini akan mencegah bentuk kanker payudara yang agresif.

Tentunya, kabar ini akan memberi harapan baru bagi masyarakat untuk penyembuhan kanker di masa mendatang.

Jadi, seberapa umum bagi seorang pria untuk didiagnosa menderita kanker payudara?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X