5 Tanda Tak Sehat Penggunaan Instagram

Kompas.com - 22/10/2018, 16:00 WIB
Ilustrasi group selfie bersama teman ThinkstockIlustrasi group selfie bersama teman

KOMPAS.com - Instagram mungkin menjadi aplikasi media sosial paling trendi saat ini. Platform media sosial ini digunakan untuk segala keperluan, mulai dari berbagi foto hingga bisnis.

Sudah banyak studi atau tulisan mengenai dampak penggunan media sosial yang berlebihan terhadap kesehatan mental. Tetapi, tetap saja kita tak bisa berhenti mengamati feed dan insta story setiap saat.

Dr Sarah Vohra, psikiater konsultan dari NHS menjelaskan ia memang belum bisa mendiagnosis seseorang yang mengalami kecanduan media sosial, namun ia meyakini kejadian tersebut nyata.

"Hal ini sama seperti seseorang yang kecanduan alkohol, mereka akan terus mencarinya meskipun tahu alkohol merusak kesehatan," kata dia.

Begitu pula dengan mereka yang mengalami kecanduan media sosial, akan selalu tak betah berlama-lama jauh dari ponselnya. Bahkan ponsel menjadi barang pertama yang dicari ketika bangun tidur meskipun mungkin mereka tahu bahwa penggunaan yang terlalu sering bisa berdampak pada kesehatan.

Setidaknya ada lima tanda perilaku ber-Instagram kita sudah tidak sehat.

1. Mengunggah Instagram Story di awal bangun pagi

Ketika kamu mengakses Instagram dalam waktu cukup lama pada waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur, maka itu adalah salah satu tanda media sosial sudah merusak rutinitas harianmu.

2. Mengedit wajah sehingga jauh berbeda dari aslinya

Ketika mengunggah sesuatu ke media sosial, terkadang kita menggunakan filter untuk memperbaiki tampilan foto.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X