Kompas.com - 23/10/2018, 10:26 WIB
Disney x Ikat Indonesia Dok. Jakarta Fashion Week 2019Disney x Ikat Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokoh kartun paling ikonik, Mickey Mouse yang selama ini identik dengan keceriaan, menjadi inspirasi untuk koleksi tenun ikat khas Indonesia rancangan desainer Didiet Maulana.

Didiet menuangkan idenya pada koleksi kolaborasi Disney x Ikat Indonesia yang ditampilkan di hari ketiga ajang Jakarta Fashion Week 2019, Senin (22/10/2018).

Didiet berupaya menangkap perjalanan Mickey mulai dari kelahirannya di 1928 dan mengawinkannya dengan motif tenun ikat khas Tanah Air.

Pada era kelahiran Mickey terebut, gaya hias yang diusung adalah art deco. Didiet pun memasukkan konsep art deco tersebut ke motif-motif ikat yang ditampilkan.

Disney x SuqmaDok. Jakarta Fashion Week 2019 Disney x Suqma
"Kami coba terapkan ke siluet yang sangat fun, joyful, sangat easy to wear," kata Didiet.

Menyatukan karakter Mickey yang ikonik dengan tenun menjadi tantangan tersendiri bagi Didiet. Sehingga, banyak motif yang menurutnya harus diakomodasi untuk masuk ke dalam desain koleksi tersebut.

Unsur keceriaan Mickey dan modernitas tetap terpancar dalam desain busana tersebut tanpa menghilangkan unsur keindonesiaan Ikat.

Misalnya, terlihat dari perpaduan kemeja lengan panjang dan celana pendek berwarna dominan biru tua dengan siluet kepala ikonik Mickey tersebar di seluruh bagian.

Tak selalu dalan bentuk busana, motif yang sama juga bisa kita lihat pada ikat pinggang kain yang dipadukan dengan dress ikat nan eksotis atau scarf.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.