Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2018, 08:01 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Orang yang percaya diri tidak mengatakan pada orang di sekitarnya, namun menunjukkannya lewat sikap. Mereka cenderung menghindari beberapa perilaku ini:

1. Membela diri saat dikritik
Orang yang percaya diri memahami bakat, kemampuan, dan juga kesalahannya. Dengan begitu mereka akan berusaha menerima kritik membangun yang dilontarkan orang lain.

"Mereka menerima masukan dan kritik untuk perbaikan diri dan tidak menganggapnya sebagai ancaman," kata pakar perilaku Wendy Patrick, PhD.

2. Berusaha menyenangkan semua orang
Ada perbedaan antara ingin menolong orang lain dengan berusaha membuat orang lain menyukai kita.

Menolong orang lain harus dilakukan secara tulus, sementara menyenangkan orang adalah hal yang tidak mungkin dan menunjukkan ketidakpercayaan diri.

"Orang yang ingin menyenangkan semua orang biasanya tingkat pedenya rendah karena apa yang orang pikirkan tentang mereka menjadi tolak ukur. Kepercayaan diri berasal dari dalam, bukan luar," kata konselor dan karir coach Jospeh R. Sanok.

Baca juga: Awas, Penggunaan Medsos yang Tak Bijak Bisa Pengaruhi Karir

3. Banyak bicara dari pada mendengarkan
Banyak orang menganggap "kepercayaan diri" berarti berani bicara di depan banyak orang atau memimpin tip. Realitanya, makin percaya diri seseorang, makin rendah keinginan mereka untuk membuktikannya.

"Ini berarti mereka bicara perlahan dan mau mendengarkan orang lain," kata Patrick.

4. Merasa harus eksis di media sosial
Orang yang percaya diri menggunakan media sosial dengan bijak.

Menghabiskan banyak waktu mengamati Instagram atau Facebook untuk melihat kehidupan "sempurna" orang lain justru makin membuat kita tak percaya diri.

Orang yang pede juga memahami perspektif apa yang mereka lihat di media sosial. Yang ditampilkan di media sosial hanya bagian kecil dari sebuah kenyataan.

5. Menghina orang
Mengolok-olok orang lain dan membuat orang merasa "down" adalah taktik yang dilakukan oleh mereka yang kurang percaya diri untuk membuat dirinya terlihat lebih hebat.

Orang yang percaya diri akan menunjukkan kekuatannya dengan mendukung orang di sekitarnya. Efeknya, bukan hanya kita makin pede, orang lain juga makin percaya pada kita.

6. Sok tahu
Kemauan untuk mendengarkan ide dan pandangan yang berbeda menunjukkan kedewasaan dan pengendalian diri. Tentu saja itu merupakan ciri kepercayaan diri.

7. Tertekan oleh kesuksesan orang
Jika kita percaya diri, kita tak akan merasa terintimidaasi atau terancam oleh kesuksesan orang lain.

Dari pada membandingkan kelemahan kita yang akhirnya membuat kita iri dan dengki, kita bisa belajar dari kemampuan orang untuk mencapai sukses.

8. Menghabiskan banyak waktu untuk kerja
Orang yang percaya diri adalah pemimpin alami saat bekerja. Tapi, bukan berarti mereka menghabiskan seluruh waktunya di situ.

Mereka bukan gila kerja. Orang yang percaya dirinya tinggi bisa mengenali apa yang membuat mereka berenergi dan membawa kebahagiaan, dan meluangkan waktu untuk melakukannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com