Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Sederhana Membaca Karakter dari Tulisan Tangan

Kompas.com - 24/10/2018, 16:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karakter seseorang bisa dibaca dari pola tulisan tangannya. Hal ini dilakukan dengan ilmu grafologi atau handwriting analysis, yakni studi mengenai karakter manusia melalui medium tulisan tangan.

Interpretasi karakter dilakukan dengan mengidentigikasi semua pola indikator grafis yang ada.

Meski analisa tulisan tangan yang akurat dan komprehensif baru bisa dilakukan oleh ahli grafolog, namun ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menganalisa tulisan tangan kita sendiri.

Handwriting analyst Deborah Dewi menjelaskan, ada tiga indikator yang bisa digunakan untuk menganalisa tulisan tangan. Tiga indikator tersebut adalah pola layout tulisan, pergerakan (movement) dan bentuk tulisan (space of form).

Ketika menganalisa tulisan, kita tidak bisa hanya melakukan interpretasi berdasarkan satu indikator saja melainkan semua indikator yang ada.

“Tidak bisa mengambil satu indikator saja lalu langsung menyimpulkan karena validatasnya menjadi kurang,” kata Deborah dalam sebuah workshop yang dilaksanakan oleh 3M di kawasan M.H. Thamrin, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Tulisan tangan Tulisan tangan
Menurutnya, akurasi ilmu grafologi mencapai 100 persen. Hanya saja, tingkat akurasi juga dipengaruhi oleh jam terbang praktisi yang menganalisa tulisan tangan tersebut.

Ia menambahkan, analisa tulisan tangan sendiri memiliki banyak manfaat terkait dengan pengembangan diri. Misalnya, untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan seseorang sehingga mereka tahu apa yang perlu diubah atau dikembangkan.

Lalu, apa saja yang bisa kita analisa dari tulisan tangan kita?

Cobalah ambil satu kertas kosong dan buatlah tulisan minimal satu paragraf. Menulislah dengan tenang dan senyaman mungkin. Sampel yang ideal untuk dianalisa adalah yang dibuat dalam situasi nyaman dan tidak terburu-buru.

Kemudian, baca karakter dirimu berdasarkan tiga indikator berikut:

1. Layout tulisan

Pola layout tulisan seseorang menggambarkan bagaimana orang tersebut menempatkan diri di lingkungannya. Seperti kantor, sekolah, lingkungan tempat tinggal, dan sebagainya.

Cobalah lihat pola layout tulisanmu.  Apakah ada jarak di bagian kanan dan kiri tulisan? Atau tulisanmu cenderung rapat dan selalu memenuhi kertas?

Deborah menjelaskan, ketika tulisan tangan tidak memenuhi kertas atau ada jarak yang dibuat antara paragraf tulisan dan ujung kertas, artinya orang tersebut cenderung memiliki karakter yang tidak mendominasi serta membuat jarak dalam bergaul di lingkungannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com