Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Falling Stars Challenge", Aksi Viral dari China yang Banyak Diikuti di Indonesia

Kompas.com - 24/10/2018, 19:07 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Media sosial selalu diramaikan dengan tantangan baru yang datang dari seluruh dunia. Ada tren berbeda yang menarik untuk diikuti, kali ini adalah Falling Stars Challenge.

Tantangan ini merebak sejak awal Oktober lalu dan mengharuskan "peserta" untuk berfoto dengan gaya seolah-olah tersandung, sehingga seluruh barang bawaannya tumpah terhambur keluar dari tas.

Dilansir dari ABC, warganet China mempraktikkan tantangan ini dengan menunjukkan barang-barang mewah dan bermerek yang mereka miliki, mulai dari mobil, tas, ponsel, make-up, dan sebagainya.

Salah satu netizen yang melakukan tantangan Falling Stars Challenge atau Fluent Your Wealth.Instagram/@ec24m Salah satu netizen yang melakukan tantangan Falling Stars Challenge atau Fluent Your Wealth.

Mereka menyebutnya sebagai tantangan "Fluent Your Wealth" atau "Pamerkan Kekayaanmu".

Lebih dari satu juta unggahan di media sosial China, Weibo, menampilkan tantangan ini hanya dalam waktu dua minggu.

Namun, sebagian warganet mempertanyakan keamanan dari tantangan ini. Sebagian peserta yang berfoto menggunakan mobil sebagai properti, sebagian besar mengambil lokasi pengambilan gambar di tempat umum, misalnya tempat parkir bahkan jalan raya.

Ala Indonesia

Berbeda dengan yang dilakukan warganet China, masyarakat Indonesia justru melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda. Bukan barang mewah yang ditampilkan, tetapi barang-barang yang berkaitan dengan kegiatan mereka sehari-hari.

Misalnya seorang pencinta tanaman yang mengikuti tantangan ini dengan menumpahkan tanaman miliknya beserta alat penyiram tanaman, cangkul, dan parang yang ia miliki.

Ada juga seorang warganet yang merefleksikan kesehariannya sebagai santri. Ia terjatuh dari sebuah mobil dan menumpahkan barang-barang bawaannya berupa alat-alat mandi, sarung, dan sebuah kitab yang masih ada di genggaman tangan.

Netizen mengikuti Tantangan Falling Stars Challenge.Instagram/@muhammadimdad87 Netizen mengikuti Tantangan Falling Stars Challenge.

Dari foto yang lain menggambarkan seorang perempuan desa mengenakan kain dan kebaya jatuh dari sepeda tua dan berbagai barang bawaannya terjatuh. Ia membawa banyak barang, seperti buah kelapa, kaleng kerupuk, ayam jago beserta tempatnya.

Seorang netizen mengikuti tantangan Falling Stars Challenge.Instagram/ @omahpacet Seorang netizen mengikuti tantangan Falling Stars Challenge.

Tantangan yang dilakukan warganet Indonesia ini relatif lebih aman karena dilakukan di tempat-tempat yang tidak berbahaya, seperti pekarangan dan teras rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com