Kompas.com - 24/10/2018, 19:32 WIB
Seorang bocah mendapatkan imunisasi polio. Kompas/Bahana Patria GuptaSeorang bocah mendapatkan imunisasi polio.

KOMPAS.com - Hari ini, 24 Oktober 2018, dirayakan sebagai Hari Polio Sedunia. Peringatan ini sedianya dilakukan untuk mengenang kelahiran Jonas Salk, orang yang kali pertama memimpin tim pembuatan vaksin melawan penyakit polio.

Polio merupakan penyakit infeksi berat yang bisa menimbulkan kelumpuhan. Tidak hanya itu, penyakit ini bahkan menyebabkan anak rentan akan kematian.

Saat ini, memang belum ada obat untuk mengobati polio. Namun, penyakit itu dapat dicegah dengan menggunakan vaksin.

Indonesia sendiri bisa dibilang cukup berhasil dalam mengatasi penyakit polio. Setidaknya, pada 2014 Indonesia masuk dalam kategori negara bebas polio dari organisasi kesehatan dunia, WHO.

Seperti apa sejumlah fakta mengenai polio? Lihat dalam infografik berikut:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Hari Polio Sedunia

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X