Kembali Cantik Setelah Terapi Kanker

Kompas.com - 24/10/2018, 20:25 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengobatan kanker memberikan sejumlah dampak terhadap tubuh, termasuk bagian kulit. Tak terkecuali terapi yang dijalankan oleh para penyintas kanker payudara.

Mereka berisiko mengalami kelainan kulit setelah menjalani terapi, misalnya kulit jadi kering, hiperpigmentasi, alergi, dan lainnya.

Meski begitu, adanya perubahan kulit tak perlu dikhawatirkan. Ahli gizi sekaligus survivor kanker payudara Patsy S. Djatikusumo menjelaskan, semua penyintas kanker bisa kembali cantik dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Bagaimana cantik setelah mengalami badai kemoterapi, operasi, radioterapi. Badai pasti berlalu, kita akan keluar sebagai pemenangnya dan jauh jauh lebih cantik."

Hal itu diungkapkan Patsy dalam acara diskusi bersama Hijup serta para pejuang kanker payudara dan survivor di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018).

Menurutnya, setiap penyintas kanker bisa mulai mempersiapkan diri untuk kembali cantik sejak pertama kali melakukan operasi (jika tidak ada komplikasi).

Pada hari operasi tersebut, terapi nutrisi juga bisa mulai dilakukan.

Ahli gizi sekaligus survivor kanker payudara Patsy S. Djatikusumo ketika mengisi acara  diskusi bersama Hijup serta para breast cancer warrior dan survivor di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018).Dok. Hijup Ahli gizi sekaligus survivor kanker payudara Patsy S. Djatikusumo ketika mengisi acara diskusi bersama Hijup serta para breast cancer warrior dan survivor di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018).
Patsy menjelaskan, seorang pejuang kanker mengalami stres ketika operasi, baik jiwa maupun pada sel-sel tubuh.

Baca juga: Efektifkan Kemoterapi, Pasien Kanker Disarankan Berolahraga

Apalagi jika orang tersebut setelah operasi tak mau makan, maka luka akan sulit menutup dan sembuh. Luka yang lebih hebat pun berpotensi terjadi.

"Jadi hari pertama (terapi) harus memerhatikan nutrisi," katanya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X