Kompas.com - 24/10/2018, 21:19 WIB
Ilustrasi bartender. ThinkstockphotosIlustrasi bartender.

KOMPAS.com - Profesi bartender alias peramu minuman di bar dan kafe, mensyaratkan pengetahuan yang baik akan jenis-jenis minuman yang diracik.

Kemampuan meracik minuman (mixiology) ini menurut Hartono, General Manajer Foreplay Club Surabaya, hanya bisa didapat jika seorang bartender sering berlatih.

"Semua tergantung jam terbang dan kreativitas seorang bartender mencampur minuman dengan berbagai bahan," kata Tono, panggilan akrabnya.

Selain soal pengetahuan, seorang bartender juga perlu memiliki kemampuan berkomunikasi, ramah, dan tanggap situasi.

Tono yang cukup lama menemuki profesi bartender menambahkan, bartender umumnya melengkapi diri dengan kemampuan menghibur tamu menggunakan medium yang ada di sekitar tempat kerjanya yang dipenuhi botol dan gelas.

Kemampuan itu dinamakan juggling dan flairing atau melempar botol dan gelas tanpa isinya tumpah.

"Kemampuan juggling dan flairing termasuk skill yang perlu dikuasai bartender," ujar pria yang pernah menjuarai lomba bartender terbaik di Yogyakarta ini.

Bartender dari Indonesia, M.Fauzi Rahman (kanan) dalam kompetisi final Heineken Global Bartender Competition 2018 di Amsterdam.Kompas.com/Lusia Kus Anna Bartender dari Indonesia, M.Fauzi Rahman (kanan) dalam kompetisi final Heineken Global Bartender Competition 2018 di Amsterdam.
Ia mengatakan, dulunya syarat utama menjadi bartender adalah skill menghibur tamu dengan juggling dan flaring.

Bartender yang sudah mahir, bisa berakrobat dengan lebih dari 3 botol dan gelas sekaligus.

"Tetapi kini kemampuan itu bisa dipelajari sambil jalan. Yang penting pengetahuan tentang minuman. Ini bisa dipelajari dengan ikut kursus atau lewat bangku sekolah," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X