Kompas.com - 25/10/2018, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Selama ini kita hanya mengenal manfaat kopi untuk membuat otak lebih fokus dan mengusir kantuk. Padahal, kopi juga punya manfaat yang erat dengan olahraga. 

Dilansir dari Men’s Health, ahli gizi Megan Medrano dari Run Whole Nutrition mengatakan, konsumsi kafein dapat meningkatkan kinerja selama latihan intens yang berlangsung 5 hingga 20 menit—selama dibarengi dengan makan.

“Tubuh masih membutuhkan cukup banyak karbohidrat, lemak, dan protein untuk kekuatan melalui seluruh aktivitas olahraga,” ungkap Medrano. 

Trainer pusat kebugaran yang bersertifikat, Brennan Mejia, memilih kopi saat menginginkan dorongan ekstra sebelum berolahraga. 

Mejia mengatakan, bahan kimia dalam kopi memiliki banyak manfaat positif, mulai dari menaikan tingkat energi hingga mobilisasi asam lemak bebas.

Kapan harus minum kopi?

Jika menggunakan kopi untuk "suplemen olahraga", maka tidak bisa hanya bergantung pada cangkir di pagi hari. Kuncinya adalah waktu.

Efek kopi akan dirasakan bebereapa detik sejak tegukan pertama, namun itu tidak berarti benar-benar berhasil masuk ke sistem tubuh. 

Kopi membangunkan tubuh dengan menyebarkan kafein ke dalam aliran darah, yang memiliki waktu sekitar lima hingga enam jam. Pada durasi waktu itu, efek stimulasi dari bahan kimia kopi akan bekerja pada tubuh.

Tapi kapan puncak efeknya—pada titik mana tubuh akan mendapatkan hasil maksimal dari stimulasi yang diberikan kafein?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.