BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Vivo

"Mobile Games" Berikut Bisa Jadi Hiburan Sekaligus Asah Otak

Kompas.com - 25/10/2018, 08:57 WIB
Ilustrasi bermain game. ShutterstockIlustrasi bermain game.

KOMPAS.com - Mobile game Player Unknown's Battlegrounds atau PUBG telah di download lebih dari 100 juta kali dari Android dan iOS.

Game yang popular pula bagi pengguna Android itu sudah diluncurkan versi mobile-nya sejak Maret 2018. Nah, apakah Anda salah satu daily player yang kerap memainkan game tersebut di waktu luang?

Atau mungkin, Anda memang senang bermain mobile games lain, sembari waktu pulang saat berada di commuter line, misalnya.

Bermain games memang menghibur, termasuk games yang melibatkan kompetisi. Namun, ada pula mobile games lain yang tak hanya menghibur, tetapi juga bisa mengasah otak Anda. Selain games, ada juga aplikasi lain di smartphone yang bisa menambah pengetahuan dan menyenangkan.

Aneka aplikasi dan mobile games itu bisa jadi pilihan, selain dari game yang biasa dimainkan. Simak beberapa pilihan aplikasi dan mobile games tersebut

Tebak gambar

Sesuai judulnya, game ini memerlukan kemampuan untuk menebak gambar yang terpampang di layar. Namun, jawaban game ini sebenarnya perbendaharaan kata atau frasa berbeda yang harus ditebak pemain dari kumpulan gambar yang tersaji.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkesan mudah, tetapi sebenarnya game ini perlu pemahaman logika dan kemampuan analisis kosa kata.

Selain itu, apa yang di gambar juga belum tentu memiliki hubungan dengan jawaban tebakan. Karenanya, di sinilah keseruan game tebak gambar.

Duel otak

Duel otak adalah game yang konsepnya seperti cerdas cermat. Game adu kecerdasan ini melibatkan pilihan berbagai topik, dari pengetahuan umum, sejarah, sampai film, dan musiknya.

Duel OtakDuel Otak Duel Otak
Pemain dapat mengundang teman untuk berduel, menjadi lawan, melalui pengisian username atau pencarian di Facebook. Pemain juga bisa memilih lawan acak yang akan dipilih oleh Duel Otak.

Serunya, pemain memiliki waktu yang terbatas saat hendak memilih jawaban. Setelah menerima tantangan atau menantang teman, pemain bisa langsung beradu, bergantian menjawab pertanyaan.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (28/10/15), permainan yang aslinya berjudul "Quiz Clash" ini dibuat oleh FEO Media AB dari Swedia. Game tersebut sudah berekspansi ke 21 negara.

Duolingo

Bila tertarik belajar bahasa asing selain Bahasa Inggris, aplikasi Duolingo bisa jadi andalan. Dilansir dari thrilist.com, Kamis (5/5/16), kapan lagi Anda bisa belajar berbagai bahasa seperti Bahasa Jerman, Bahasa Spanyol atau Bahasa Turki dengan asik, fleksibel, serta gratis.

Cara belajarnya pun menyenangkan, seperti bermain karena dilengkapi oleh ilustrasi yang bisa ditebak. Dengan begitu, Anda bisa memahami arti dari kosakata bahasa tersebut.

Seperti game, belajar bahasa asing di Dualingo juga memiliki level-level yang menandakan penguasaan bahasa pengguna.

Nah, selain menyimpan aplikasi games yang Anda gunakan, coba pula download mobile games atau aplikasi yang sudah disebutkan di atas.

Ilustrasi bermain game.KOMPAS.com/Auzi Amazia Ilustrasi bermain game.
Sebelumnya, pastikan smartphone memiliki prosesor, RAM dan ROM yang berkapasitas besar agar tak nge-hang saat bermain game. Smartphone seperti Vivo V11 Pro contohnya, memiliki RAM berukuran 6 GB dan ROM 64 GB sekaligus didukung oleh prosesor Snapdragon 660 AIE sehingga masalah ‘lemot’dapat teratasi.

Jadi, bermain mobile games yang menghibur dan mengasah otak tak akan terganggu. Selamat menikmati!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.