Kompas.com - 25/10/2018, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Kadar gula darah sangat tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes. Ada dua tipe diabetes, yakni tipe 1 yang disebabkan rusaknya pankreas, biasanya terjadi pada usia anak-anak dan diabetes tipe 2 yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat.

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, sekitar 1 dari 4 orang beresiko diabetes. Kita bisa menghindari risiko tersebut dengan mengubah gaya hidup.  Mulailah dengan menghindari 8 hal ini:

1. Merokok

Menurut sejumlah studi merokok membuat tubuh lebih kebal terhadap insulin, hormon yang menjaga gula darah tetap normal.

2. Penggunaan obat-obatan rekreasional

The Global Diabetes Community mencatat, stimulasi obat-obatan rekreasional tertentu dapat meningkatkan level gula darah. Jika dikonsumsi rutin, level gula darah yang tinggi bisa menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Amfetamin, komponen MDxx dan obat-obatan ADHD bisa meningkatkan level gula darah dan membuat kita berisiko mengalami diabetes tipe 2.

3. Pengobatan

Menurut GlobalRPH, steroid, obat anti-adhd, anti-psikotik, beberapa obat asma, dan obat-obatan lainnya bisa memicu peningkatan gula darah.

Namun, obat-obatan tersebut digunakan untuk keperluan kesehatan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter dan apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Banyak Orang Tak Sadar Derita Diabetes
4. Stres kronis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.