Jauhi 8 Kebiasaan Ini Agar Terhindar dari Diabetes

Kompas.com - 25/10/2018, 13:15 WIB
Ilustrasi tes gula darah pada pasien diabetes.Getty Images/iStockphoto Ilustrasi tes gula darah pada pasien diabetes.

KOMPAS.com - Kadar gula darah sangat tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes. Ada dua tipe diabetes, yakni tipe 1 yang disebabkan rusaknya pankreas, biasanya terjadi pada usia anak-anak dan diabetes tipe 2 yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat.

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, sekitar 1 dari 4 orang beresiko diabetes. Kita bisa menghindari risiko tersebut dengan mengubah gaya hidup.  Mulailah dengan menghindari 8 hal ini:

1. Merokok

Menurut sejumlah studi merokok membuat tubuh lebih kebal terhadap insulin, hormon yang menjaga gula darah tetap normal.

2. Penggunaan obat-obatan rekreasional

The Global Diabetes Community mencatat, stimulasi obat-obatan rekreasional tertentu dapat meningkatkan level gula darah. Jika dikonsumsi rutin, level gula darah yang tinggi bisa menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Amfetamin, komponen MDxx dan obat-obatan ADHD bisa meningkatkan level gula darah dan membuat kita berisiko mengalami diabetes tipe 2.

3. Pengobatan

Menurut GlobalRPH, steroid, obat anti-adhd, anti-psikotik, beberapa obat asma, dan obat-obatan lainnya bisa memicu peningkatan gula darah.

Namun, obat-obatan tersebut digunakan untuk keperluan kesehatan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter dan apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Banyak Orang Tak Sadar Derita Diabetes
4. Stres kronis

Periode emosional dan stres fisik berkepanjangan bisa menyebabkan kenaikan level gula darah.

Menurut Pusat Belajar Diabetes di University of San Fransisco, ketika tubuh merespons stres, gula dilepaskan ke dalam darah untuk membantu agar energi dalam tubuh mencukupi.

"Stres akan membuat gula darah naik dan lebih sulit untuk dikontrol," tulis organisasi tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X