Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Baru Onitsuka Tiger, Nafas Modern dalam Ikon Klasik

Kompas.com - 26/10/2018, 16:17 WIB
Wisnubrata

Editor

TOKYO, KOMPAS.com - Kebanyakan orang mengenal Onitsuka Tiger lewat sneakers klasik yang sudah muncul tahun 1966, yakni seri Mexico 66. Namun ternyata brand asal Jepang itu memiliki koleksi yang sangat modern.

Koleksi terbaru yang kental nuansa streetwear-nya itu diperkenalkan dalam fashion show di Okuma Auditorium yang merupakan bagian Waseda University, Senin petang (22/10/2018).

Koleksi bertajuk "Onitsuka Tiger 2019 Spring/Summer Global Collection" itu dibuat berdasar arahan desainer sekaligus direktur kreatif Andrea Pompilio.

Koleksi-koleksi kali ini mengedepankan rancangan yang simpel namun nyaman dipakai. Hal itu terlihat dari banyaknya bahan denim dan katun yang dipakai.

Desainnya pun muncul dalam busana sehari-hari seperti jaket, hoodie, celana pendek, sweater, serta training. Tentu tak ketinggalan sneakers dengan warna dan bentuk yang benar-benar baru.

Tak seperti rancangan adi busana yang rumit, Andrea Pompilio justru menghadirkan pakaian yang bisa dipakai dalam berbagai kesempatan. "Tujuan utama saya adalah menghadirkan busana yang bisa dipakai," ujarnya seusai acara.

Menurut Andrea Pompilio, konsep koleksi "Summer of Love" dikembangkan dengan menggabungkan berbagai bahan.

"Melalui kombinasi material, gambar, dan pola, desain ini mengekspresikan masyarakat global yang multikultural, tidak tersekat-sekat, tidak memandang jenis kelamin, di mana manusia menghargai perbedaan dan merayakan berbagai bentuk kasih sayang," ujarnya.

Lewat rancangan ini, Andrea ingin memberi energi sekaligus nafas modern bagi ikon-ikon klasik yang sudah dimiliki Onitsuka.

Seperti hadirnya training warna kuning dengan sentuhan desain dan bahan modern, yang mengingatkan kita pada pakaian yang dipakai Bruce Lee dalam film Game of Death atau Uma Thurman dalam Kill Bill, di mana keduanya memakai sepatu Onitsuka di film tersebut.

Bedanya, kali ini ikon tersebut tampak modern dengan logo dan bahan yang berbeda. Pilihan warnanya pun beragam, sehingga cocok dipakai dalam gaya streetwear.

"Koleksi ini menggambarkan hal yang positif, energi yang baik, dan kebebasan untuk mengekspresikan diri," papar perancang asal Italia ini.

Sedangkan untuk sneakers, Andrea mengambil beberapa sepatu ikonik yang pernah diciptakan Onitsuka Tiger pada masa lalu, namun dengan sentuhan dan gaya modern.

Beberapa sneakers terlihat seperti sepatu basket dalam warna-warna pastel yang merupakan rancangan pertama Onitsuka, sedangkan lainnya mirip sepatu-sepatu dengan sol tebal yang tren belakangan ini.

Peragaan dilaksanakan di auditorium yang memiliki panggung teater dengan permukaan dinding dan lantai dilapisi bahan serupa cermin sehingga koleksi itu tampak secara penuh dari depan dan belakang.

Bagian ini juga menjadi lambang perpaduan antara modernitas dengan tradisi, sebuah perbedaan yang menyatu dalam keharmonisan.

Adapun budaya dan tradisi diwakili oleh auditorium klasik yang merupakan bangunan budaya penting bagi Jepang. Sedangkan modernitas diwakili dinding-dinding dari cermin yang menghadirkan suasana kekinian.

Fashion show perdana Onitsuka Tiger ini merupakan bagian dari Amazon Fashion Week TOKYO, salah satu dari lima fashion show terpenting, dan dihadiri ribuan orang, termasuk selebriti dan pelaku industri fashion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com