Bernafas Melalui Hidung Bikin Ingatan Lebih Baik

Kompas.com - 29/10/2018, 10:16 WIB
Ilustrasi mencium bunga shironosovIlustrasi mencium bunga

KOMPAS.com - Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan ketajaman daya ingat. Salah satu yang paling mudah mungkin adalah dengan cara bernapas lewat hidung.

Para peneliti di Karolinska Institutet di Swedia menemukan bahwa cara manusia bernafas bisa memengaruhi konsolidasi ingatan.

Lebih spesifik, para peneliti meyakini, cara bernafas melalui hidung setelah disuguhkan berbagai bau akan membuat seseorang lebih mudah mengingat ketimbang bernafas melalui mulut.

"Ini pertama kalinya seseorang mendemonstrasikan hal ini," kata Artin Arshamian, peneliti di Departemen Klinik Neurosains di Karolinska Instituet.

"Studi kami menunjukkan bahwa kita mampu mengingat bau lebih baik saat bernafas menggunakan hidung, ketika memori terkonsolidasi atau terjadi proses antara pembelajaran dan pengumpulan ingatan kembali," lanjutnya.

Hubungan antara pernafasan dan ingatan sudah sejak lama ditemukan, namun para peneliti kerap terhambat dalam mengungkapkan hasilnya. Alasannya, binatang subjek percobaan yang digunakan, misalnya tikus, tidak bisa bernafas secara alami melalui mulut.

Sementara pada percobaan kali ini, para peneliti meminta beberapa orang untuk mengingat 12 bau yang berbeda dalam dua kesempatan.

Kemudian, mereka diminta untuk bernafas lewat mulut atau hidung selama satu jam.

Ketika sudah melewati waktu tersebut, para peneliti menampilkan serangkaian bau. Lalu para partisipan ditanyakan, apakah bau tersebut adalah yang mereka cium pada sesi sebelumnya atau baru dikenalkan.

Hasilnya, para partisipan yang bernafas melalui hidung mampu mengingat bau dengan lebih baik.

Baca juga: Menarik Napas, Menenangkan Diri

Halaman:


Sumber DMarge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X