Kompas.com - 29/10/2018, 15:15 WIB
Michael Phelps, perenang dari Amerika Serikat. Getty ImagesMichael Phelps, perenang dari Amerika Serikat.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Michael Phelps, yang dikenal sebagai salah satu atlet Olimpiade paling sukses sepanjang masa, mengaku memiliki masa-masa sulit untuk aktualisasi diri—terutama dalam perjuangan melawan depresi.

Dilansir dari Men’s Health, pengakuan itu diungkapkan saat sesi talkshow mengenai kesehatan mental. 

“Saya memiliki kesempatan untuk menyelamatkan kehidupan, dan itu jauh lebih besar daripada memenangkan medali emas," kata Phelps yang memiliki kapasitas shareholder dan advisory board member Talkspace, layanan konseling daring.

Pengakuan Phelps ini merupakan sebuah peristiwa langka, karena hanya segelintir orang yang mau mengungkapan ke publik soal kondisi kesehatan mentalnya.

"Tidak apa-apa bila kamu tidak sempurna,” ungkap Phelps.

Pada Oktober 2014, Phelps mencari bantuan setelah menghabiskan lima hari mengunci diri di dalam kamar dan berniat untuk bunuh diri.

Bagi Phelps, bantuan tersebut merupakan hal yang penting dan harus segera dicari.

Baca juga: Aktor The Rock Melawan Depresi dengan Olahraga

Dia mengakui, awalnya sangat membenci terapi, namun terapi jugalah yang menyelamatkan hidup Phelps. Di sana, Phelps mendapatkan pengetahuan soal perasaan dan cara-cara mengelola depresi.

Kendati sudah melakukan sesi terapi, kondisi kesehatan mental tak bisa hilang seketika. Phelps terus belajar dan berjuang dengan kondisi depresi yang dialami.

“Saya berjuang lebih dari yang orang ketahui,” ungkap Phelps.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X