Kompas.com - 30/10/2018, 13:31 WIB
Ilustrasi pramugari ThinkstockIlustrasi pramugari

KOMPAS.com – “Apa pun yang terjadi di langit itu kehendak Tuhan. Apa pun yang kami senangi, siapa pun yang kami cintai telah kami tinggalkan di ujung landasan," satu kalimat itu terasa begitu syahdu untuk menggambarkan profesi seorang penerbang atau awak pesawat.

Pengorbanan serta tanggung jawab besar mereka yang bertugas di udara seakan tersimpan di balik tampilan rapi nan menawan yang mereka suguhkan.

Pramugari dan pramugara, lengkap dengan warna-warni seragam masing-masing maskapai penerbangan, bertanggung jawab penuh atas keselamatan penumpang yang ada di penerbangannya.

Bahkan keselamatan penumpang menjadi prioritas yang paling utama dibadingkan keselamatan yang lain, termasuk keselamatan mereka sendiri.

Hal itu disampaikan oleh Konsultan Pendidikan dan Karier Penerbangan di Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari (PSPP) Pusat, Ayu Anggraeni.

"Dalam tugasnya, pramugari mengutamakan  keamanan dan keselamatan para penumpangnya terlebih dulu, terutama saat keadaan darurat yang sama sekali tidak diinginkan sekalipun," kata Ayu kepada Kompas.com, Selasa (30/9/2018).

Baca juga: Menjadi Pramugari Lebih Sulit Dibandingkan Masuk Harvard?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prosedur penyelamatan akan dilakukan oleh pramugari atau pramugara saat pilot mengonfirmasi adanya keadaan darurat emergency.

Pramugari akan memberikan instruksi penyelamatan kepada penumpang sebagaimana sudah didemonstrasikan sebelum penerbangan dilakukan.

"Setelah terkonfirmasi keadaan emergency dari pilot. Standarnya FA (flight attendant) bertugas memberikan instruksi arahan untuk survive ke penumpang disesuaikan dengan keadaan emergency-nya," ujar Ayu.

Dalam foto bertanggal 22 Desember 2015, seorang pramugari Rayani Air tengah menyiapkan kesiapan kabin sebelum penerbangan dari bandara Sultan Ismail Petra, di Kelantan, Malaysia.AP Photo/Joshua Paul Dalam foto bertanggal 22 Desember 2015, seorang pramugari Rayani Air tengah menyiapkan kesiapan kabin sebelum penerbangan dari bandara Sultan Ismail Petra, di Kelantan, Malaysia.

Selain memprioritaskan keselamatan penumpang, seorang awak kabin juga bertanggung jawab memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang selama di dalam pesawat untuk memberikan kesan perjalanan udara yang menyenangkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X