Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2018, 08:36 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menggunakan masker merupakan salah satu alternatif perawatan wajah yang simple dan mudah dilakukan. Oleh karena itu, kegiatan perawatan wajah ini banyak dilakukan, tak hanya perempuan tetapi juga laki-laki.

Perlu diketahui, masker wajah terdiri dari lima jenis, yakni peel off mask, clay mask, sheet mask, gel mask, dan masker biasa.

Staf Pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)/RSUD Prof dr Margono Soekardjo, Ismiralda Oke Putranti mengatakan, variasi jenis masker wajah ini berkembang.

"Beberapa jenis masker banyak berkembang menurut trennya, mulai dari masker tradisional. Kemudian sejalan dengan perkembangan teknologi farmasi dan kosmetik, penghantaran bahan-bahan aktif bisa melalui berbagai bentuk masker seperti masker gel, clay mask, sheet mask, dan peel off mask," ujar dr.Okke saat dihubungi Kompas.com pada Senin (29/10/2018).

Baca juga: Rawat Wajah dengan 4 Masker Alami Ini...

Dari kelima jenis masker ini, untuk cara penggunaan dan keunggulannya pun berbeda. Berikut rinciannya:

1. Masker tradisional

Masker tradisional merupakan masker yang dibuat dengan bahan-bahan alami dan dengan teknik DIY (do it yourself) atau kita buat sendiri.

Menurut dr Okke, umumnya jenis masker ini memakai bahan alami seperti buah-buahan, madu, putih telur, dan lidah buaya. Kandungan dari bahan alami tersebut yang nantinya diserap oleh kulit wajah.

"Kegunaannya tergantung sari bahan yang kita pakai, bisa kita baca di berbagai media informasi ada fungsi dari masing-masing bahan tersebut," ujar dr Okke.

Kemudian, masker tradisional juga memiliki keunggulan utama, yakni terhindar dari bahan kimia tambahan seperti pengawet, pewarna, maupun pewangi yang dapat meningkatkan risiko dermatitis kontak, misalnya alergi atau iritasi.

Meski begitu, masker tradisional juga memiliki kekurangan yang mana dalam proses pembuatannya. Kita tidak bisa menakar dengan pasti seberapa banyak zat aktif yang dapat diberikan oleh masker.

Kemungkinan yang terjadi pemberiannya terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jika terlalu sedikit, efek yang terjadi tidak akan memberikan manfaat yang signifikan terhadap kulit, atau jika terlalu banyak akan berisiko menimbulkan alergi bagi kulit.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
2. Masker gel

Masker gel merupakan bahan aktif berupa gel yang komposisi gelnya bisa apa saja.

Menurut dr.Okke, masker dengan bentuk gel ini cocok untuk kulit yang relatif berminyak, karena campuran gel biasanya ada kandungan alkohol yang memiliki sifat menyerap minyak wajah.

"Lebih cocok untuk kulit yang relatif berminyak, karena campuran gel biasanya terdapat alkohol yang sifatnya dapat menarik minyak," ujar dr Okke.

3. Clay mask

Clay mask merupakan jenis masker wajah paling populer, berbentuk campuran padat dan cair, menyerupai tanah liat.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com