Kompas.com - 31/10/2018, 08:36 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Menggunakan masker merupakan salah satu alternatif perawatan wajah yang simple dan mudah dilakukan. Oleh karena itu, kegiatan perawatan wajah ini banyak dilakukan, tak hanya perempuan tetapi juga laki-laki.

Perlu diketahui, masker wajah terdiri dari lima jenis, yakni peel off mask, clay mask, sheet mask, gel mask, dan masker biasa.

Staf Pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)/RSUD Prof dr Margono Soekardjo, Ismiralda Oke Putranti mengatakan, variasi jenis masker wajah ini berkembang.

"Beberapa jenis masker banyak berkembang menurut trennya, mulai dari masker tradisional. Kemudian sejalan dengan perkembangan teknologi farmasi dan kosmetik, penghantaran bahan-bahan aktif bisa melalui berbagai bentuk masker seperti masker gel, clay mask, sheet mask, dan peel off mask," ujar dr.Okke saat dihubungi Kompas.com pada Senin (29/10/2018).

Baca juga: Rawat Wajah dengan 4 Masker Alami Ini...

Dari kelima jenis masker ini, untuk cara penggunaan dan keunggulannya pun berbeda. Berikut rinciannya:

1. Masker tradisional

Masker tradisional merupakan masker yang dibuat dengan bahan-bahan alami dan dengan teknik DIY (do it yourself) atau kita buat sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dr Okke, umumnya jenis masker ini memakai bahan alami seperti buah-buahan, madu, putih telur, dan lidah buaya. Kandungan dari bahan alami tersebut yang nantinya diserap oleh kulit wajah.

"Kegunaannya tergantung sari bahan yang kita pakai, bisa kita baca di berbagai media informasi ada fungsi dari masing-masing bahan tersebut," ujar dr Okke.

Kemudian, masker tradisional juga memiliki keunggulan utama, yakni terhindar dari bahan kimia tambahan seperti pengawet, pewarna, maupun pewangi yang dapat meningkatkan risiko dermatitis kontak, misalnya alergi atau iritasi.

Meski begitu, masker tradisional juga memiliki kekurangan yang mana dalam proses pembuatannya. Kita tidak bisa menakar dengan pasti seberapa banyak zat aktif yang dapat diberikan oleh masker.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.