Kompas.com - 31/10/2018, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Kehidupan bangsawan memang terlihat menyenangkan karena bergelimang kemewahan dan fasilitas kelas satu.

Banyak orang penasaran dari mana biaya hidup mereka, apakah pajak yang dikumpulkan rakyat Inggris juga dipakai untuk membiayai kehidupan keluarga kerajaan.

Setiap Juni, Royal Household merilis sebuah pertanyaan yang merinci data keuangan tiap tahun. Data tersebut mengungkapkan jumlah Sovereign Grant atau uang yang diterima Ratu dari departemen keuangan untuk pengeluaran kerajaan.

Anggaran terbaru untuk Grant Sovereign berjumlah 76,1 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,5 triliun.

Jumlah tersebut meliputi uang yang diterima keluarga kerajaan pada 1 April 2017 dan 31 Maret 2018.

Ada peningkatan sebesar 30 juta pondsterling atau Rp 580 milliar dari danah hibah yang diterima tahun sebelumnya, termasuk jumlah yang dialokasikan khusus untuk merenovasi Istana Buckingham.

Baca juga: Tampan dan Mapan, Berapa Jumlah Kekayaan Bersih Pangeran Harry?

Menurut royal.uk, sebesar 30,4 juta poundsterling atau Rp 687 milliar dana hibah yang diberikan untuk perbaikan rutin 10 tahun bangunan penting termasuk kabel listrik, pipa, boiler, dan generator.

Majalah Vanity Fair pernah memperkirakan sekitar 69 sen dari setiap mata uang pembayar pajak Inggris dipakai untuk mendanai keluarga kerajaan pada tahun 2017 hingga 2018.

Meski jumlahnya kurang dari satu dolar, kemungkinan besar akan terus berfluktuasi.
Pada tahun 2016 hingga 2017, hanya sekitar  65 sen dari setiap pembayar pajak.

Namun, ini bukan berarti para bangsawan menghabiskan semua dana tersebut. Rumah tangga kerajaan melaporkan hanya 47,4 juta pondstrling Rp 900 milliar yang dipakai untuk pengeluaran kerajaan.

Sebesar 28,7 juta poundsterling atau Rp 555 milliar dialokasikan untuk Sovereign Grant Reserve, yang dipakai untuk proyek-proyek masa depan, termasuk renovasi Istana Buckingham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.