Pahamilah, Manfaat Ayah Bermain dengan Anak...

Kompas.com - 01/11/2018, 19:00 WIB
Ilustrasi anak bermain dan belajar dengan ayah CreativaImagesIlustrasi anak bermain dan belajar dengan ayah

TANGERANG, KOMPAS.com - Bermain adalah aktivitas wajib bagi anak--terutama bagi mereka yang masih berusia di bawah 5-6 tahun.

Dari bermain, anak-anak bisa belajar dan bersoliasasi dengan keluarga atau pun teman sebaya.

Lantas, dengan siapa anak bermain?

Selain bisa bermain dengan teman sebaya, saudara, dan ibu--keterlibatan ayah pun disebut-sebut sangat bermanfaat.

Sangatlah penting bagi orangtua-- khususnya ayah--untuk melibatkan diri dalam bermain dengan anak.

Baca juga: Gendong Bayi, James Bond Didukung Para Ayah

Demikian menurut Director of Families First Signature Program Yayasan Sayangi Tunas Cilik Tata Sudrajat (YTSC) mitra Save The Children, Tata Sudrajat.

"Sebab, keterlibatan ayah dapat mendorong keterampilan motorik, kepemimpinan, serta pengembangan kognitif, dan kemampuan mengendalikan emosi secara lebih baik," ungkap Tata.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers Ayo Bermain dari IKEA, di Tangerang, Kamis (1/11/2018).

Tata melanjutkan, anak-anak yang tumbuh dan bermain bersama seorang ayah cenderung kuat dalam area non-verbal, dan memiliki nalar spesial yang lebih baik, seperti dalam bidang matematika, ilmu pasti, dan teknik.

Baca juga: Mengapa Ayah Tak Langsung Merasa Terikat dengan Bayinya?

Hal ini lantaran seorang ayah disebut lebih banyak berinteraksi dalam kegiatan fisik dan beraktivitas di luar, serta bermain dengan permainan yang melibatkan obyek seperti balok-balok mainan.

Permainan yang bisa dilakukan pun cukup banyak, mulai dari bersepeda hingga jenis-jenis olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, dan basket.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X