Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2018, 12:24 WIB
Wisnubrata

Editor

TOKYO, KOMPAS.com - Selain seri Super Deluxe, para penggemar sneakers sering menganggap Onitsuka Tiger Nippon Made adalah jenis yang layak dikoleksi, kalau perlu bahkan berburu sampai ke Jepang.

Namun ternyata ada satu jenis lain yang lebih bergengsi, karena lebih langka dan lebih personal. Seri itu adalah Onistuka Tiger Custom dengan komposisi warna, jenis bahan, dan tambahan lainnya bisa dipilih oleh konsumen, lalu akan dibuat di Jepang. Jadi sudah Nippon Made, custom pula!

Nah bagaimana kita bisa mendapatkannya? Sayang pesanan khusus ini hanya tersedia di Jepang, itupun hanya di gerai Omotesando, Tokyo.

Kompas.com berkesempatan mengunjungi pusat pemesanan sepatu custom itu di Shibuya, Tokyo, tempat di mana semua pesanan diproses sebelum dibuat atau dikirim ke pemesan.

Bangunan yang merupakan kantor Onitsuka itu tidak mencolok. Ia berada sedikit di belakang jalan utama yang penuh dengan gedung-gedung perkantoran dan pusat belanja yang terang benderang oleh lampu.

Tidak ada petunjuk mencolok soal gedung tersebut. Warnanya yang abu-abu bersih dengan kaca di sekelilingnya menambah kesan dingin Kota Tokyo yang sejak pagi hari diguyur hujan.

Baca juga: Nippon Made, Kebanggaan Jepang Terhadap Karya Tangan

Layanan custom Onitsuka Tiger di Tokyo, JepangKompas.com/Wisnubrata Layanan custom Onitsuka Tiger di Tokyo, Jepang
Kami disambut empat pria Jepang dengan dandanan streetwear modern lengkap dengan sneakers, menunjukkan suasana kantor yang nyaman dan casual. Terasa berbeda dengan kostum pegawai di jalanan utama yang kebanyakan memakai jas dan sepatu resmi.

Mereka membagikan iPad yang sudah dilengkapi aplikasi untuk meng-custom sepatu model Mexico 66, karena sampai saat ini hanya model itu yang tersedia untuk di-custom.

"Ini adalah layanan terbaru kami, di mana kamu bisa memesan sepatu Onitsuka Tiger dengan paduan warna dan bahan sesuai selera masing-masing," ujar salah satu pria tersebut.

Ternyata penggunaan aplikasi itu cukup mudah. Di sana sudah ada gambar sepatu, di mana kita bisa memilih warna dasar, warna garis, warna sol, bahkan warna bagian dalam sepatu sesuai keinginan kita.

Bahan yang dipilih pun beragam. Ada kulit halus, kulit bertekstur atau grain, suede, dan tekstur lain.

Baca juga: Kisah Unik Lahir dan Bangkitnya Onitsuka Tiger

Aplikasi custom sneakers Onitsuka TigerKompas.com/Wisnubrata Aplikasi custom sneakers Onitsuka Tiger
Setiap kali kita memilih warna maupun bahan, desain sepatu itu akan tampil di layar, sehingga kita mudah memadupadankan warna yang kita pilih.

Tak hanya itu, untuk sepatu custom ini kita juga bisa menambahkan tulisan yang berbeda di sepatu kiri atau kanan, asal tidak lebih dari sepuluh karakter. Karakternya pun bisa huruf latin maupun aksara Jepang.

Kami semua lalu asyik mencoba memadukan warna yang unik, mencoba mencari paduan yang tidak ada di pasaran dan tidak sering ditemui. Tapi hal itu bukan perkara mudah karena Onitsuka sendiri mengeluarkan berbagai paduan warna untuk sepatunya.

Pilihan warna dan bahan sepatu custom Onitsuka TigerKompas.com/Wisnubrata Pilihan warna dan bahan sepatu custom Onitsuka Tiger
Beberapa teman yang putus asa malah menyerahkan desainnya pada pemandu kami. "Pokoknya bikin yang unik dan belum pernah dibuat," kata mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com