Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pangeran Charles Ajari Anak-Anaknya Mencintai Lingkungan

Kompas.com - 05/11/2018, 09:19 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita pasti berpikir hidup sebagai pangeran atau bangsawan tak perlu repot melakukan pekerjaan rumah. Semua sudah tersedia. 

Kita bisa bermalas-malasan dan mendapatkan semua yang kita inginkan. Nyatanya, hal itu tak berlaku untuk Pangeran Harry dan Pangeran William.

Lahir dalam keluarga kerajaan tak membuat mereka hidup santai. Bahkan, kedua orangtuanya kerap meminta anak-anaknya untuk melakukan pekerjaan rumah.

Sang ayah, Pangeran Charles, juga seringkali meminta kedua putranya untuk memunguti sampah.

Dan, sampah yang mereka pungut bukanlah hanya sampah yang mereka buat. Kedua pangeran tampan ini juga diminta sang ayah untuk memunguti sampah orang lain.

Kenyataan tersebut diungkapkan Pangeran William dan Harry dalam sebuah film dokumenter yang membahas tentang anak-anak dan cucu Ratu Elizabeth.

Dalam film tersebut, dua bersaudara itu mengaku jika sang ayah sering meminta mereka memunguti sampah saat mereka pergi berlibur sewaktu mereka masih kanak-kanak.

Jika anak-anak pada umumnya menghabiskan hari libur dengan bersantai dan bersenang-senang, kedua pangeran itu diminta orangtuanya untuk memunguti sampah yang berserakan.

"Ayah menyuruh kami memunguti sampah, ketika kami masih muda, pada hari libur. Kami hanya berada di Norfolk saat liburan sekolah, dan pergi keluar dengan membawa sampah," ungkap Pangeran William.

Apa yang dilakukan Pangeran Charles merupakan langkah yang tepat untuk mengajari anak-anaknya tentang kebersihan lingkungan.

Untungnya, dua anak lelakinya itu juga tak mengeluh atau melawan perintah sang ayah.

"Ayah berkata kami berdua harus berpikir bahwa ini hal yang normal dan semua orang harus melakukannya," tambah suami kate Middleton.

Baca juga: Pengeluaran Pangeran Charles untuk Busana Keluarga Kerajaan

"Kami membawa tongkat berujung tajam untuk mengambil sampah dan memasukannya ke dalam plastik," tambahnya.

Tentunya, ini adalah pelajaran besar bagi para pangeran untuk melindungi dan mencoba menyelamatkan bumi.

"Ayah hanya ingin kami belajar secara langsung dari alam, dari dirinya dan ibu. Bahkan, di sekolah pun kami terbiasa memunguti sampah yang berserakan," tambah Pangeran Harry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com