Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2018, 17:31 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

 

KOMPAS.com - Secara umum, toner adalah cairan yang dapat menghilangkan kotoran seperti minyak dan sisa make-up pada kulit. Tidak hanya itu, toner juga dapat berfungsi untuk menenangkan, menghaluskan dan mempersiapkan kulit untuk menerima perawatan wajah selanjutnya seperti pemakaian serum dan cream.

Dr. Alicia Zalka, dermatolog dari Yale, mengatakan bahwa toner merupakan langkah kedua dari proses pembersihan. Manfaatnya, bila digunakan dengan benar, adalah dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin tersisa di wajah setelah mencuci muka.

Berikut adalah berbagai fungsi toner untuk kulit kita:

1. Menyeimbangkan pH

Toner wajah dapat membantu menyeimbangkan pH di kulit. Tingkat pH merupakan indikasi dari keasaman kulit yang diukur dari skala 0 hingga 14, dengan skala 7 di tingkat yang netral.

Memiliki tingkat pH yang seimbang, maka kulit tidak rentan terhadap kadar minyak dan infeksi sehingga dapat menghasilkan penampilan wajah yang lebih cerah dan halus.

2. Detoksifikasi

Banyak racun yang berasal dari bahan buatan industri kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit. Toner wajah bekerja untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut, dan residu kimia lainnya dari kulit.

Hal ini dapat membantu kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Manfaat jangka panjangnya dapat termasuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat, dan mengurangi keriput.

3. Menyusutkan dan mengencangkan pori

Pori-pori wajah yang besar memungkinkan lebih banyak kotoran, minyak, dan racun untuk memasuki kulit serta menyebabkan iritasi dan infeksi.

Toner wajah dapat mengencangkan pori-pori wajah, sehingga minyak dan racun yang berada dalam kulit menjadi lebih sedikit. Ini dapat membuat wajah lebih segar dan bersih, minyak berkurang, serta mencegah jerawat.

4. Mengatasi jerawat

Jerawat dapat menyebabkan rasa sakit dan wajah tak sedap dipandang, serta menyebabkan bekas luka pada wajah. Jerawat juga menyebabkan kulit wajah lebih berminyak dan kusam.

Dengan menghapus penumpukan minyak, residu, dan sel-sel kulit mati, toner wajah membantu mengurangi jumlah noda dan jerawat pada wajah serta mencegah timbulnya jerawat.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com