7 Fungsi Toner untuk Kulit Kita

Kompas.com - 05/11/2018, 17:31 WIB
Ilustrasi merawat wajah dolgachovIlustrasi merawat wajah
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Secara umum, toner adalah cairan yang dapat menghilangkan kotoran seperti minyak dan sisa make-up pada kulit. Tidak hanya itu, toner juga dapat berfungsi untuk menenangkan, menghaluskan dan mempersiapkan kulit untuk menerima perawatan wajah selanjutnya seperti pemakaian serum dan cream.

Dr. Alicia Zalka, dermatolog dari Yale, mengatakan bahwa toner merupakan langkah kedua dari proses pembersihan. Manfaatnya, bila digunakan dengan benar, adalah dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin tersisa di wajah setelah mencuci muka.

Berikut adalah berbagai fungsi toner untuk kulit kita:

1. Menyeimbangkan pH

Toner wajah dapat membantu menyeimbangkan pH di kulit. Tingkat pH merupakan indikasi dari keasaman kulit yang diukur dari skala 0 hingga 14, dengan skala 7 di tingkat yang netral.

Memiliki tingkat pH yang seimbang, maka kulit tidak rentan terhadap kadar minyak dan infeksi sehingga dapat menghasilkan penampilan wajah yang lebih cerah dan halus.

2. Detoksifikasi

Banyak racun yang berasal dari bahan buatan industri kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit. Toner wajah bekerja untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut, dan residu kimia lainnya dari kulit.

Hal ini dapat membantu kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Manfaat jangka panjangnya dapat termasuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat, dan mengurangi keriput.

3. Menyusutkan dan mengencangkan pori

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X