Tips Tampil Keren dengan Kaus Polo, Pria Wajib Tahu - Kompas.com

Tips Tampil Keren dengan Kaus Polo, Pria Wajib Tahu

Kompas.com - 05/11/2018, 18:12 WIB
kaus polo kaus polo

KOMPAS.com - Sama halnya dengan denim, kaus polo menjadi item fesyen yang tak lekang oleh waktu.

Kaus berkerah ini tercipta berkat ide dari Rene Lacoste, seorang perancang sekaligus pemain tenis profesional.

Pada tahun 1920an, seragam para atlet tenis sangat membosankan. Berawal dari inilah Rene Lacoste memiliki ide membuat busana yang modis untuk atlet tenis.

Kini kaus polo tak hanya dipakai para atlet. Buasana tersebut telah menjadi penunjang gaya sehari-hari.

Nah, agar semakin telihat keren saat memakai polo shirt, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memahami tipe kaus polo yang akan kita pakai.

Kaus polo adalah ikon gaya preppy. Namun, ada banyak alternatif gaya yang bisa kita lakukan untuk tampil modis dengan item fesyen ini.

Meski klasik, kaus polo sangat serbaguna dan bisa kita padukan dengan berbagai gaya cocok dengan segala suasana.

Hal terpenting adalah menghindari logo yang terlalu besar atau ornamen angka raksasa di bagian belakang. Berikut cara padu padan gaya dengan kaus polo.

1. Polo berbahan katun

Kaus polo berbahan serat katun alami sangat tepat dipakai saat cuaca panas. Kaos polo berbahan katun akan terasa ringan dan mudah menyerap keringat.

Selain itu, polo berbahan katun juga anti kusut sehingga kerapian tetap terjaga.

2. Polo rajut

Polo rajut menyajikan tampilan yang berkelas karena dibuat dengan tenun jacquard untuk memberi kekuatan lebih pada jahitannya.

Item fesyen bergaya retro ini ini memiliki model garis lengan dan bagian tepi yang kecil sehingga mengekspos otot lengan dan pinggang pemakainya.

Setelan netral sangat cocok dipadukan dengan polo rajut. Contohnya, kita bisa memadukannya dengan setelan berwarna navy.

Selain itu, memadukannya dengan jaket kulit akan memberi nuansa vintage. Bahan kulit yang berkilau akan terlihat kontras dan enak dipandang saat dipadukan dengan rajutan yang lembut nan mewah ini.

Polo rajut juga sangat cocok dipakai ketika cuaca dingin, terutama yang memiliki lengan panjang.

3. Polo linen

Bahan linen sangat cocok bagi pecinta gaya kasual. Apalagi, saat ini banyak label meproduksi polo berbahan linen.

Untuk tampilan maksimal, padukan kemeja polo berbahan linen ini dengan celana berbahan serupa atau celana chino warna putih.

Baca juga: Kaum Pria Harus Paham, 10 Kiat Padu Padan Jins dan Sepatu

Padu padan kemeja polo

Ada banyak item fesyen yang cocok kita padukan dengan kaus polo. Mulai dari outer hingga celana, berikut item fesyen yang pas untuk kaus polo.

- Celana putih atau jins

Kaus polo pertama kali diciptakan oleh Rene Lacoste dengan label crocodile. Polo ciptaan Lacoste ini terbuat dari katun pique yang memadukan kenyamanan dan kemewahan dengan gaya modis.

Nah, untuk menghindari kecerobohan fesyen, padukan dengan celana chino slim fit warna putih serta sepatu warna senada. Padu padan ini akan menghasilkan tampilan prepy dengan nuansa baru.

Sebagai tips tambahan, biarkan kancing kerah terbuka dan jauhi pemakaian aksesoris yang berlebihan. Sebaiknya, hindari pemakaian sabut atau kaus kaki.

- Celana sporty

Paduan kaos polo dengan celana trainingdmarge Paduan kaos polo dengan celana training
Tampilan sporty yang mewah telah menjadi gaya yang populer di kalangan pria. Kaus polo yang terinspirasi pakaian atlet memang cocok untuk mereka dengan gaya hidup yang aktif.

Untuk menunjang gaya, padukan dengan celana jogger atau celana olahraga. Saat cuaca panas, kita bisa memilih celana berbahan sutra yang ringan dengan alas kaki berupa sandal kulit. Tampilan ini sangat cocok untuk gaya kasual ketika berlibur.

- Celana pendek

Paduan kaos polo dengan celana pendekdmarge Paduan kaos polo dengan celana pendek
Kaus polo memang cocok dipakai untuk suasana santai, misalnya ketika berlibur di pantai. Untuk tampilan kasual yang keren, pilih kaus polo dengan kerah revere dan bagian tepi yang diselipkan di celana.

Hal terpenting, biarkan kancing di bagian kerah tetap terbuka. Padukan motif garis dan warna cerah dengan biru laut, warna krem atau putih untuk perpaduan gaya yang sempurna.

Untuk bagian bawah, pilihlah celana pendek dengan jahitan rapii atau swim short dengan warna dan alas kaki berupa sepatu kanvas dengan sol berbahan fiber, bot atau sandal dengan tali yang bukan berbahan karet.

- Blazer

Paduan kaos polo dengan blazerdmarge Paduan kaos polo dengan blazer
Polo lengan panjang adalah pilihan bagus untuk tampilan ala smart casual , baik saat cuaca panas atau dingin.

Untuk tampilan yang modis, polo rajut adalah pilihan tepat. Jadi, tambahkan blazer atau jaket bomber yang bisa kita padukan dengan celana wide-leg atau cropped.

Untuk tampilan kasual, pilihlah alas kaki berupa sepatu derby berbahan kulit. Namun, jika ingin tampilan formal di malam hari, padukan kaus polo dengan setelan katun two piece dan padu padan warna yang sesuai untuk tampilan yang optimal.

Baca juga: 8 Tips Agar Pria Tampil Modis Sepanjang Waktu

Trik saat memakai kaus polo

- Pilihlah kaus dengan ukuran yang pas. Jangan pilih ukuran yang terlalu ketat. Kaus polo harus benar-benar sesuai dengan tubuh tanpa mengekspos bagian tubuh tertentu.

- Jangan selipkan kaus polo di celana. Cara berpakain itu akan menampilkan gaya yang terlalu preppy. Jika benar-benar ingin melakukannya, selipkan hanya pada bagian tepi. 

- Hindari logo label yang terlalu besar. Hal itu akan membuatnya mencolok dan tak enak dipandang.

- Jangan padukan celana baggy atau relaxed fit jins saat memakai polo. Padu padan ini hanya akan menciptakan gaya kuno seperti boyband era 90an.

- Padukan kemeja polo dengan setelan yang pas untuk cuaca panas. Setelan single breasted berbahan linen dengan warna yang gelap adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, kita juga bisa meadukannya dengan setelab double breasted atau blazer warna netral.

Biarkan kancing di bagian leher terbuka. Untuk tampilan retro, pilih kemeja dengan kerah flare atau kerah crisp untuk tampilan modern.

- Kita bisa memilih kaos polo bermotif berwarna cerah saat siang hari. Tapi, pilihlah warna netral dan polo rajut saat malam hari.

- Sneakers putih, loafer dan sandal adalah alas kaki terbaik untuk dipadukan dengan kaus polo. Bot dan sepatu kulit kurang cocok untuk outfit ini, kecuali jika kita menambahkan blazer pada tampilan. 


Terkini Lainnya


Close Ads X