Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tips Praktis dan Tepat Menggunakan Tabir Surya

Kompas.com - 06/11/2018, 09:40 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita sudah sering mendengar atau membaca artikel tentang pentingnya memakai tabir surya dalam keseharian. Tak hanya untuk dewasa, tabir surya juga penting bagi anak.

Hanya saja, Dr. Srie Prihianti, Sp. KK, PhD, FINSDV, FAADV menjelaskan, tabir surya untuk anak dan dewasa berbeda dari segi kandungan Ultra Violet Filter.

Ada dua jenis UV Filter, yakni physical dan chemical.

Physical UV Filter dioleskan pada permukaan kulit dan akan memantulkan sinar UV. Sementara chemical UV Filter akan masuk ke dalam kulit dan menyerap sinar.

"Kalau untuk anak biasanya physical, jadi tidak ada yang mengandung chemical," kata Srie ketika ditemui di JW Mariott Hotel, Kuningan, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Untuk orang Indonesia, kandungan Sun Protector Factor (SPF) yang dianjurkan minimal 30 SPF.

Namun, apakah kita semua selama ini sudah menggunakan tabir surya secara tepat? Banyak penelitian menemukan fakta sebaliknya.

Baca juga: 7 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya

"Penelitian yang sudah dilakukan di seluruh dunia, orang jarang pakai sesuai aturan. Banyak yang pakai paling hanya sepertiga atau seperempat dosisnya saja," ujar Srie.

Tak sedikit orang yang tetap terbakar matahari meskipun sudah memakai tabir surya dengan kandungan SPF tinggi. Hal itu dikarenakan dosis pemakaiannya yang kurang.

"Misalnya pakai SPF 30 tapi hanya setengah dosis. Yang kamu dapat bukan hanya SPF 15 tapi mungkin SPF 10 atau 7," tuturnya.

Srie menganjurkan agar penggunaan tabir surya dilakukan minimal 20 hingga 30 menit sebelum kegiatan dimulai. Hal itu dilakukan agar tabir surya punya cukup waktu untuk meresap.

"Jadi, jangan kalau mau berenang pergi ke kolam, pakai sunscreen, lima menit kemudian langsung terjun. Jangan begitu," ucap Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia itu.

Baca juga: Suka Aktivitas Luar Ruang? Perhatikan 7 Cara Penggunaan Tabir Surya

Srie berbagi dua trik sederhana yang bisa dilakukan untuk memakai tabir surya dengan dosis yang tepat.

1. Menggunakan sendok teh

Dari segi medis, kata Srie, penggunaan tabir surya dianjurkan 2mg/cm2. Namun pengukuran tersebut dinilai rumit untuk diaplikasikan sehari-hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com