Dua Tahapan Penting Merawat Kulit Bayi

Kompas.com - 06/11/2018, 13:35 WIB
Ilustrasi bayi kieferpixIlustrasi bayi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan kulit bayi membutuhkan kehati-hatian dan kecermatan karena kulit mereka lebih sensitif. Setidaknya, ada dua tahapan penting yang harus dilakukan secara cermat, yaitu membersihkan dan melembapkan.

"Perawatan pada bayi dan anak ada dua step yang paling esensial, yaitu membersihkan dan melembapkan."

Hal itu disampaikan oleh Dr. Srie Prihianti, Sp. KK, PhD, FINSDV, FAADV ketika menghadiri peluncuran produk perawatan kulit bayi sensitif, Cussons Baby SensiCare di JW Mariott Hotel, Kuningan, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Perawatan khusus perlu dilakukan mengingat kondisi kulit bayi juga berbeda dengan kulit orang dewasa, baik secara anatomi, struktur maupun fungsinya.

Kulit bayi lebih tipis sekitar 40-60 persen ketimbang dewawa dan memiliki struktur ikatan antar sel yang masih longgar.

Ketika ikatan sel longgar, maka apapun yang terkena kulit akan masuk ke dalam tubuh.

"Karena ikatan antar-sel longgar, penguapan juga lebih tinggi. Jadi air yang ada dalam tubuh bis menguap lebih banyak daripada sebelumnya," kata Srie.

Baca juga: Orang Dewasa Jangan Pakai Sabun Bayi, Apa Alasannya?

Fungsi proteksi kulit bayi juga masih belum matang dalam melindungi organ vital dari lingkungan luar. Fungsi kelenjar minyak dan keringat pun belum optimal. Akibatnya, regulasi suhu tubuh juga belum optimal.

"Karena kondisi-kondisi tersebut, kulit bayi rentan iritasi, alergi dan infeksi. Oleh karena itu bayi membutuhkan perawatan yang lebih khusus dan sesuai," ucapnya.

1. Memandikan bayi

Level air ketika memandikan bayi harus bisa merendam seluruh tubuh. Sebab, suhu tubuh bayi akan turun ketika pakaiannya dibuka sehingga suhu tubuh harus dijaga agar konstan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X