Membaca Bisa Mengobati Rasa Kesepian

Kompas.com - 07/11/2018, 07:56 WIB
Ilustrasi membaca buku altrendo imagesIlustrasi membaca buku
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kesepian. Salah satunya adalah bicara dengan orang lain.

Namun, selain melakukan kegiatan bersama orang lain, membaca rupanya juga bisa membantu kita menghilangkan rasa kesepian.

Laporan terbaru dari lembaga think tank Demos dan The Reading Agency menemukan bahwa membaca buku atau mendengarkan audio book bisa secara signifikan mengurangi rasa kesepian serta membantu meredakan isolasi sosial.

CEO The Reading Agency, Sue Wilkinson mengatakan kepada Standard, bukti dari laporan Demon tersebut menunjukkan bahwa audio book dan grup membaca berbasis kata-kata juga punya manfaat yang sama dengan buku yang dicetak fisik.

"Untuk orang-orang tua dan disabilitas yang tidak bisa membaca dari buku, audio book dan buku yang dibacakan pada grup membaca ternyata juga bisa menjadi alternatif yang baik," kata Wilkinson.

Itulah mengapa The Reading Agency meluncurkan program "Reading Friends", semacam kelompok baca yang memungkinkan orang berbagi bacaan secara berkelompok atau satu persatu dengan para sukarelawan.

Baca juga: Demi Kesehatan Fisik dan Mental, Jangan Malas Membaca Buku

Laporan tersebut juga menemukan bahwa membaca bersama bisa membantu orang-orang tua membangun jaringan sosial dan terhubung dengan orang lain. Hal itu baik, karena keterkaitan sosial yang positif adalah kunci dari kesejahteraan hidup.

Menurutnya, membaca adalah kegiatan yang membuat seseorang berdiam diri sendirian dan banyak orang menemukannya sebagai aktivitas yang menenangkan.

Meski begitu, membaca juga bisa menyenangkan ketika dibagikan bersama orang lain.

Hal itu bisa meningkatkan kepekaan dan mengembangkan hubungan sosial bagi yang merasa kesepian.

Baca juga: 10 Manfaat Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X