Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Lonjakan Gula Darah Saat Mengasup Makanan dan Minuman Sehat Ini

Kompas.com - 07/11/2018, 10:37 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Walau tergolong dalam bahan pangan sehat, namun beberapa jenis makanan dan minuman memiliki kadar gula yang tinggi. Hal ini sering menimbulkan dilema bagi mereka yang menderita diabetes.

Kata "gula darah" memang identik dengan risiko diabetes. Padahal, gula darah penting untuk energi, mood dan fokus.

Gula darah adalah konsentrasi glukosa dalam darah. Ketika gula darah kita rendah, kita akan merasa lapar, berkeringat, genetar, mudah terganggu, hingga sulit berkonsentrasi.

Sementara ketika kadar gula darah tinggi, kita akan sering merasa haus, lapar atau sakit kepala. Pada penderita diabetes, gejala-gejala ini bisa menjadi lebih serius. Segera lakukan cek kesehatan.

Ketika mengkonsumsi karbohidrat, gula darah kita meningkat. Namun, protein dan lemak memperlambat proses pencernaan. Jadi, konsumsilah makronutrien dalam porsi seimbang untuk menjaga kadar gula darah.

Ahli diet teregistrasi sekaligus pelatih kesehatan Jessica Cording, MS, RD, CDN, INHC lewat tulisannya pada laman mindbodygreen.com menjelaskan, sejumlah makanan dan minuman bisa saja tergolong sehat, namun kita akan memperoleh manfaat maksimal jika dikonsumsi seimbang agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

1. Jus hijau

Ketika minum jus buah segar atau jus sayur, kita akan mendapatkan banyak manfaat serat, vitamin dan mineral. Namun, tak menutup kemungkinan kita juga mengkonsumsi gula yang ada di dalamnya tanpa serat yang bisa membantu memerlambat pencernaannya.

Jus juga minim protein dan lemak, sehingga tubuh akan mencernanya dengan cepat.

Jus hijau pun bisa menimbulkan masalah gula darah, terutama jika jus tersebut dibuat dari berbagai campuran buah yang manis.

Untuk menyeimbangkannya, kamu bisa mengkonsumsi jus bersama kacang-kacang atau telur. Jika tak punya bnyak waktu, cobalah bereksperimen dengan bubuk protein.

Baca juga: Minum Susu Saat Sarapan Jaga Gula Darah Tetap Rendah

2. Susu almond

Susu almond memiliki kandungan kalori yang rendah dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, susu almond mengandung rendah protein dengan hanya 1 gram per gelas.

Bahkan ketika kita menghindari pemanis, susu almond bisa membawa masalah. Karena rendahnya kandungan protein di dalamnya, kita akan mudah lapar dan tidak bisa berhenti meminumnya.

Jadi, jika ingin minum susu almond pastikan kita juga mengkonsumsi makanan lainnya yang kaya akan protein dan atau lemak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com