Kompas.com - 07/11/2018, 10:37 WIB
Ilustrasi smoothies buah dan sayuran Foxys_forest_manufactureIlustrasi smoothies buah dan sayuran

KOMPAS.com - Walau tergolong dalam bahan pangan sehat, namun beberapa jenis makanan dan minuman memiliki kadar gula yang tinggi. Hal ini sering menimbulkan dilema bagi mereka yang menderita diabetes.

Kata "gula darah" memang identik dengan risiko diabetes. Padahal, gula darah penting untuk energi, mood dan fokus.

Gula darah adalah konsentrasi glukosa dalam darah. Ketika gula darah kita rendah, kita akan merasa lapar, berkeringat, genetar, mudah terganggu, hingga sulit berkonsentrasi.

Sementara ketika kadar gula darah tinggi, kita akan sering merasa haus, lapar atau sakit kepala. Pada penderita diabetes, gejala-gejala ini bisa menjadi lebih serius. Segera lakukan cek kesehatan.

Ketika mengkonsumsi karbohidrat, gula darah kita meningkat. Namun, protein dan lemak memperlambat proses pencernaan. Jadi, konsumsilah makronutrien dalam porsi seimbang untuk menjaga kadar gula darah.

Ahli diet teregistrasi sekaligus pelatih kesehatan Jessica Cording, MS, RD, CDN, INHC lewat tulisannya pada laman mindbodygreen.com menjelaskan, sejumlah makanan dan minuman bisa saja tergolong sehat, namun kita akan memperoleh manfaat maksimal jika dikonsumsi seimbang agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

1. Jus hijau

Ketika minum jus buah segar atau jus sayur, kita akan mendapatkan banyak manfaat serat, vitamin dan mineral. Namun, tak menutup kemungkinan kita juga mengkonsumsi gula yang ada di dalamnya tanpa serat yang bisa membantu memerlambat pencernaannya.

Jus juga minim protein dan lemak, sehingga tubuh akan mencernanya dengan cepat.

Jus hijau pun bisa menimbulkan masalah gula darah, terutama jika jus tersebut dibuat dari berbagai campuran buah yang manis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X