Kompas.com - 07/11/2018, 12:22 WIB
Ilustrasi timbangan katiko-dpIlustrasi timbangan

KOMPAS.com — Menurunkan berat badan adalah target bagi banyak orang. Namun, tak jarang keberhasilan usaha tersebut hanya bertahan sementara dan tak sebanding dengan upaya yang kita lakukan.

Itulah mengapa memilih program nutrisi yang tepat sangatlah penting untuk menjaga perubahan permanen, ketimbang hanya sekadar mengejar angka timbangan.

Lalu, bagaimana kita tahu bahwa penurunan berat badan kita tidak akan awet?

1. Diet terlalu ketat

Tanda pertama penurunan beratmu hanya sementara adalah karena pola makan yang diberlakukan tidak untuk jangka panjang. Misalnya, karena memotong kelompok makanan tertentu.

"Jika kamu memutuskan untuk tidak makan dalam jangka waktu jam tertentu atau memotong kelompok makanan tertentu, kamu memang akan turun berat badan tapi berat kamu yang hilang bisa kembali lagi," kata Dr. Olivia Rose, ND.

Konsultan nutrisi untuk RSP Nutrition Monica Auslander Moreno, MS, RD menjelaskan, jika mengkonsumsi makronutrien dan kalori terlalu rendah, penurunan berat badan kita tidak akan berjalan lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, metabolisme tubuh akan melambat dan tubuh akan membutuhkan lebih sedikit dan lebih sedikit lagi makanan. Kita pun pada akhirnya akan merasakan kelaparan.

Baca juga: Waspadai, 4 Risiko pada Tubuh saat Kekurangan Karbohidrat

2. Mudah marah

Turun berat badan seharusnya membuatmu merasa lebih baik, bukan? Jika penurunan berat badanmu tergolong cepat, kamu mungkin saja menjadi mudah marah dan emosi tidak stabil

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.