Kompas.com - 07/11/2018, 17:01 WIB
Komarudin Kudiya, Pemilik Rumah Batik Komar menunjukkan kain batik Garuda Kujang Kencana, motif batik rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA.Komarudin Kudiya, Pemilik Rumah Batik Komar menunjukkan kain batik Garuda Kujang Kencana, motif batik rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

KOMPAS.com - Tak cuma piawai dalam usuran membuat desainbangunan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ternyata juga tak kalah jago dalam hal mendesain motif batik.

Garuda Kujang Kencana, nama yang diberi Ridwan Kamil untuk sketsa batik hasil corat coret tangannya, yang diunggah pertama kali di akun Instagram @ridwankamil  pada 4 November 2017 silam.

Batik Garuda Kujang Kencana hasil sketsa sendiri sudah selesai. Karena banyaknya acara formal yang pake batik, iseng-iseng saya coba bikin kain batik sendiri yang polanya sama, hanya nanti beda-beda warnanya saja."

"Tema nya batik pribadi dengan diagonal mandala wibawa religius sundawi nasionalis,” tulis Emil -begitu dia biasa disapa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on Nov 3, 2017 at 9:41pm PDT


Dalam desain ini, terdapat gambar burung garuda yang melambangkan Pancasila tengah menggenggam dua buah kujang.

Gambar burung tersebut bersanding dengan empat buah kujang, sebagai ciri khas Sunda yang terikat dalam sebuah lingkaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tengah lingkaran terdapat huruf R dan K sebagai identitas si perancang.

Baca juga: Uang Rp 6 Juta dari Ridwan Kamil untuk Sepasang Sepatu...

Seperti sebuah pigura, kedua gambar tersebut berada dalam dua frame bersebelahan.

Bila ditelisik lebih detil lagi, Emil menambahkan titik titik yang jumlahnya beraneka ragam dalam motif batik Garuda Kujang Kencana.  Ada yang lima titik, enam titik dan dua titik.

Jangan salah, titik titik ini ternyata punya arti religius.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.