Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Kulit yang Terbakar Matahari Sembuh Total?

Kompas.com - 08/11/2018, 05:05 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca sedang terik-teriknya bisa membuat kulit meradang akibat terbakar matahari (sunburn).

Masalah kulit yang satu ini lumayan menyebalkan karena selain waktu pengobatannya cukup lama, masa pemulihannya juga tak kalah makan waktu. Memang setelah kulit terbakar sinar matahari, berapa lama bisa sembuh seperti sedia kala?

Sengatan matahari dapat menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada kulit. Beberapa jam sampai 24 jam setelah kulit terbakar matahari, akan mulai muncul ruam kemerahan yang terasa panas dan perih ketika disentuh, tekstur kulit kering dan kasar, sampai timbul sisik-sisik kering dan akhirnya mengelupas.

Meski begitu, ini adalah cara tubuh untuk melindungi kulit dan memperbaiki kerusakan. Ini menandakan kulit yang terbakar sinar matahari akan digantikan dengan kulit baru.

Ilustrasi kulit terkelupasshutterstock Ilustrasi kulit terkelupas
Walau rasanya perih dan juga tidak sedap dipandang mata, efek sunburn hanyalah sementara saja. Semua perubahan kulit yang menyebalkan itu akan berangsur hilang dengan perawatan yang tepat.

Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kulit bisa sembuh seperti sedia kala setelah terbakar matahari akan tergantung dari tingkat keparahannya.

Stadium ringan

Stadium sunburn ringan biasanya hanya ditandai dengan kulit kemerahan dan terasa perih, yang berlangsung sekitar tiga sampai lima hari. Kulit mungkin juga akan sedikit mengelupas setelah beberapa hari.

Stadium sedang

Gejala yang muncul pada stadium ini biasanya lebih terasa menyakitkan. Selain memerah, kulit membengkak dan terasa panas saat disentuh.

Sunburn stadium sedang biasanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk sembuh sepenuhnya. Kulit kemudian akan terus terkelupas selama beberapa hari ke depan.

Stadium parah

Sunburn yang parah kadang membutuhkan perawatan dokter atau bahkan rumah sakit. Kulit akan melepuh dan sangat merah, sehingga diperlukan waktu hingga dua minggu untuk benar-benar pulih.

Bahkan jika tidak perlu ke rumah sakit, kamu mungkin harus tetap istirahat di rumah untuk memulihkan diri dari luka bakar yang parah.

Maka dari itu, penting untuk melindungi kulit dari matahari dengan selalu pakai tabir surya setidaknya 30 menit sebelum keluar rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com