Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Proses Reparasi Sneakers Air Max "Homegrown" Berharga Jutaan

Kompas.com - 08/11/2018, 09:33 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa pun akan kita dilakukan untuk "menyelamatkan" barang kesayangan, tak terkecuali sneakers yang sudah mulai lapuk dan rusak termakan usia.

Apalagi jika sneakers tersebut tergolong barang langka, atau pun masuk dalam jajaran collectable item.

Nah, saat bertandang ke Kride Lab -customizer sekaligus reparasi sepatu, Kompas.com berkesempatan melihat tahapan pengerjaan reparasi salah satu sneakers collectable -Air Max 90 "Homegrown".

Sneakers hasil kolaborasi Nike dan Patta ini masuk dalam keadaan sol yang hancur akibat pelapukan.

Beruntung, bagian atas dan karet tapak sneakers masih dalam keadaan utuh dan mulus, sehingga sisi originalitas-nya masih tetap terjaga.

Proses reparasi sneakers ini diawali oleh founder Kride Lab Fajri Dimyati dengan membedah sepatu "donor", Air Max 90 seri lain, untuk mengambil bagian sol yang utuh.

Bagian tapak pada sneakers Nike Air Max 90 Homegrown dibersihkan dari sisa-sisa midsole yang telah dilepaskan. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Bagian tapak pada sneakers Nike Air Max 90 Homegrown dibersihkan dari sisa-sisa midsole yang telah dilepaskan.

Nantinya, bidang midsole itu yang akan "dikawinkan" dengan upperside dan tapak Air Max 90 "Homegrown" yang masih utuh tadi.

Proses pelepasan sol dari badan sepatu pun memerlukan kecermatan dan ketelitian.

Jibow -demikian Fajri biasa disapa, sempat menjelaskan, ada sejumlah alternatif cara yang bisa dilakukan untuk melepas bagian atas sneakers dari sol-nya.

"Bisa mengunakan bahan kimia yang disiramkan ke bagian dalam sepatu. Tapi cara ini butuh ketelitian ekstra," ungkap Jibow.

Sebab, kata dia, pemakaian bahan kimia yang berlebih atau rendaman yang terlalu lama justru bisa menghancurkan lapisan sol.

Cara lainnya adalah dengan menuangkan air mendidih ke bagian dalam sepatu "donor".

"Jadi sepatu kita letakkan di wadah, lalu bagian dalamnya disiram air mendidih," kata Jibow.

Dengan cara itu, dalam beberapa menit lapisan lem akan melunak, dan sol sneakers donorbisa ditarik dan dilepaskan dengan sempurna.

Tak hanya sisa sol yang masih melakat, sisa lem pun harus dibersihkan dengan sempurna, agar lem baru dapat melekat kuat. Fajri Dimyati dari KrideLab memakai alat semacam bor yang dibubuhi amplas pada bagian ujungnya untuk melunturkan sisa lem pada sepatu.KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Tak hanya sisa sol yang masih melakat, sisa lem pun harus dibersihkan dengan sempurna, agar lem baru dapat melekat kuat. Fajri Dimyati dari KrideLab memakai alat semacam bor yang dibubuhi amplas pada bagian ujungnya untuk melunturkan sisa lem pada sepatu.

"Kalau memang kesulitannya tinggi, ya kita potong bagian atas sepatu. lalu kita cabut pelan-pelan sisa yang menempel pada lapisan sol tadi. Jadi pilihan caranya tergantung kondisi sepatu," sebut dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com