BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Vivo

Simak, Bentuk Kontribusi pada Negara dari Aktivitas Sederhana

Kompas.com - 10/11/2018, 08:34 WIB

KOMPAS.com – Daftar Forbes 30 Under 30 pada 2018 cukup mengejutkan karena pemuda asal Indonesia yang berhasil masuk bukan hanya satu atau dua nama saja, melainkan 16.

Perlu diketahui, tiap tahun, majalah ini mengeluarkan daftar nama-nama pemuda yang berusia di bawah 30 tahun di kawasan Asia dengan pertimbangan memiliki potensi menjadi pemimpin atau pengusaha sukses masa depan.

Seleksi untuk masuk dalam daftar tersebut cukup ketat. Ada ribuan orang lain dari berbagai belahan dunia yang juga sudah berkarya dan berinovasi dan menjadi pertimbangan juri untuk masuk Forbes 30 Under 30. Lalu apa yang membuat belasan nama pemuda asal Indonesia bisa mendapat capaian dan masuk dalam daftar itu?

Tak berlebihan kalau kemudian apa yang dibuat oleh belasan pemuda itu dikategorikan sebagai gerakan cinta tanah air. Sebab, menunjukkan rasa nasionalisme bentuknya bisa macam-macam. Membuat bangga nama Tanah Air, seperti yang sudah mereka lakukan bisa jadi masuk di dalamnya.

Hal-hal lain bisa juga dijadikan cara untuk menunjukkan rasa cinta tanah air. Selain berkarya melalui keahlian diri, seperti belasan pemuda tadi, masih banyak aktivitas sederhana lain yang bisa dilakukan siapa saja. Tujuannya, punya kontribusi dan kecintaan pada bangsa. Apa sajakah itu?

Promosi tempat wisata

Terdiri dari 33 provinsi, Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Pegunungan, pantai dan laut, serta hutan, semuanya ada.

Biasanya, tujuan orang ke tempat wisata memang murni untuk berlibur dan bersantai. Pada wisata selanjutnya, tanamkanlah niat untuk mempromosikan tempat wisata, apalagi jika tempat tersebut masih belum familiar didengar banyak orang.

Anak muda yang melek teknologi bisa menuangkan ceritanya di media sosial, misalnya dalam bentuk postingan tulisan di blog atau video blog (vlog).

Seorang Vlogger, Alek Kurniawan, yang sering berbagi perjalanannya melalui vlog saat bertugas ke beberapa kota di IndonesiaYoutube Alek Kurniawan Seorang Vlogger, Alek Kurniawan, yang sering berbagi perjalanannya melalui vlog saat bertugas ke beberapa kota di Indonesia
Salah satu video blogger (vlogger) Alek Kurniawan, contohnya sering menyempatkan merekam tempat-tempat yang dikunjunginya dan meng-upload ke kanal Youtube. Pada salah satu video, viewers-nya pun jadi mengetahui Pulau Samalona yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Bangga gunakan produk lokal

Coba gunakan produk lokal Indonesia, baik dalam pakaian maupun kudapan ringan. Kini, produk lokal Indonesia semakin banyak diminati masyarakat. Pada Pekan Raya Indonesia September-Oktober lalu, misalnya, ada 80 produk clothing distro lokal yang hadir untuk pengunjung.

Presiden Jokowi pun kerap terlihat mengenakan produk lokal buatan pemuda Indonesia, mulai dari sneakers hingga jaket. Dengan begitu, terbukti bahwa produk lokal pun berkualitas dan dapat dikenakan dengan bangga.

Dukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia

Atlet Indonesia, termasuk Tim Nasional Indonesia sudah sering berlatih dan bertanding lawan tim nasional negara lain. Kali ini, Timnas akan bertanding dengan negara-negara di ASEAN dalam momen Piala AFF 2018.

Pada ajang tersebut, timnas Indonesia berada di Grup B bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Ada 23 pemain Timnas Indonesia yang akan bertarung.

Bek timnas U-19 Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, mengejar bola saat tampil melawan Singapura pada laga Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (03/07/2018) malam.BOLASPORT.COM/ SUCI RAHAYU Bek timnas U-19 Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, mengejar bola saat tampil melawan Singapura pada laga Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (03/07/2018) malam.

Untuk itu, sempatkan dukung Timnas dengan menonton Piala AFF 2018 secara langsung. Nantinya akan ada beberapa pertandingan yang berlangsung di Gelora Bung Karno.

Jangan lupa, abadikan pertandingan bola tersebut. Potret suasana serunya, baik para pemain timnas atau momen menonton dan bersorak dengan teman. Karena itu, gunakan kamera smartphone yang praktis dan mampu menghasilkan foto berkualitas.

Dengan menggunakan kamera smartphone dengan fitur AI Recognition, jenis obyek dan pemandangan bisa terdeteksi sehingga mampu menyesuaikan pengaturan dan menghasilkan kualitas foto terbaik. Smartphone Vivo V11 Pro memiliki fitur ini, lengkap dengan resolusi Dual Rear Camera 12MP dan 5MP.

Nah, dari daftar di atas, aktivitas sederhana mana yang bisa kalian lakukan untuk menunjukkan rasa cinta pada Indonesia?


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.