Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kiat Menjaga Kesehatan Mata Buat Generasi Milenial

Kompas.com - 11/11/2018, 09:00 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Seluruh fungsi tubuh umumnya akan semakin melemah seiring usia bertambah tua, termasuk fungsi indra penglihatan. Mata misalnya, akan mulai kurang awas melihat begitu kita menginjak usia pertengahan 20 tahun hingga 30-an.

Namun, tak perlu khawatir, kita sebenarnya bisa tetap menjaga kesehatan mata di usia dewasa ini.

Mata adalah salah satu organ tubuh yang harus dijaga fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu sampai memasuki usia lanjut untuk mulai menjaga kesehatan mata. Semakin dini rutin memelihara fungsi penglihatan, maka akan lebih banyak pula manfaat yang didapatkan.

Berikut beberapa hal yang bisa kita terapkan mulai dari sekarang untuk penglihatan mata yang terjaga sampai tua nanti.

1. Makan makanan yang sehat buat mata

ilustrasi makanan sehat ilustrasi makanan sehat
Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan makan makanan sehat. Penuhilah piring makan tiap hari dengan sumber makanan tinggi asam lemak omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid.

Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang tidak hanya baik untuk mata, tapi juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Kita bisa memenuhi seluruh asupan gizi ini dari makanan yang sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan lain sebagainya.

Baca juga: Makanan Juga Berperan Atasi Lingkar Hitam Pada Mata

2. Pakai kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan

ilustrasi kaca matashutterstock ilustrasi kaca mata
Bukan hanya kulit yang perlu dijaga selama berada di ruangan terbuka, mata pun demikian. Namun tentunya dengan cara yang berbeda.

Saat cuaca terik atau bahkan sedikit mendung sekalipun, sebaiknya pakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari.

Dalam jangka panjang, radiasi berlebihan dari sinar matahari dapat berisiko mengakibatkan katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata (pinguecula), serta masalah mata lainnya.

Baca juga: Kacamata yang Tepat Untuk Bentuk Wajah Anda

3. Hindari rokok

Ilustrasi berhenti merokokMarcBruxelle Ilustrasi berhenti merokok
Selama ini rokok kerap dikaitkan dengan masalah pada jantung dan paru. Padahal, rokok juga berdampak buruk pada penglihatan.

Perokok aktif berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula, katarak, uveitis, bahkan kebutaan. Maka itu, berhenti merokok secepat mungkin guna menjaga kesehatan mata sejak masih muda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com