Kompas.com - 11/11/2018, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Rutinitas kerja yang padat membuat fisik dan psikis kita terkuras. Kondisi ini seringkali menjadi penyebab stres yang memicu kekhawatiran berlebih dalam diri.

Stres seringkali menyebabkan pola pikir kita melemah, yang pada akhirnya memicu kecemasan.

Organisasi kesehatan mental dari Australia, Beyond Blue, menyatakan satu dari lima pria akan mengalami kecemasan pada satu tahap tertentu dalam hidupnya.

Lalu, apa saja yang bisa menimbulkan kecemasan dalam hidup?

Setiap orang pernah mengalami stres dalam hidup mereka, entah itu karena bekerja, hubungan keluarga atau pertemanan, dan uang.

Itu sebenarnya hal yang normal terjadi dan biasanya akan berhenti setelah situasi itu berlalu.

Namun jika peristiwa yang sama terjadi berulang-ulang atau hingga menimbulkan trauma, maka bisa muncul kecemasan.  Kecemasan adalah suatu kondisi yang memperparah stres akibat efek negatif dari peristiwa tertentu.

Ada banyak tanda-tanda kecemasan, tergantung pada keadaan individu. Tapi, tanda tersebut biasanya dapat diidentifikasi lewat hal mendasar.

Hal mendasar itu bisa berupa rasa takut akan berbuat kesalahan, takut tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik, takut akan penilaian seseorang pada dirinya, atau ragu pada kemampuan diri sendiri.

Kecemasan pada dasarnya menyebabkan rasa khawatir berlebihan dan seakan melihat 'malapetaka' dalam segala situasi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.