Kompas.com - 12/11/2018, 08:14 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama berpartisipasi dalam pembukaan potret resmi lukisan mereka di Galeri Potret Nasional Smithsonian, 12 Februari 2018 di Washington DC, Amerika Serikat. (AFP/Mark Wilson) Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama berpartisipasi dalam pembukaan potret resmi lukisan mereka di Galeri Potret Nasional Smithsonian, 12 Februari 2018 di Washington DC, Amerika Serikat. (AFP/Mark Wilson)

KOMPAS.com - Gangguan kesuburan atau sulit hamil bisa dialami siapa saja. Mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama, juga pernah mengalami beberapa kali keguguran sebelum akhirnya berhasil melahirkan dua putri.

Dalam buku autobiografi Becoming, Michelle (54) mengungkapkan akhirnya memilih program bayi tabung untuk memiliki anak.

Menurut data di Amerika, sekitar 10 persen wanita berusia 15-44 tahun mengalami kondisi susah hamil atau mempertahankan kehamilan.

Di Indonesia, diperkirakan ada 4 juta pasangan usia subur yang mengalami kondisi serupa.

Baca juga: Kenali 7 Penyebab Sulit Hamil

Upaya Michelle dan sang suami, Barrack, untuk mendapatkan anak terjadi saat mereka berusia awal 30-an.

"Kami mencoba untuk hamil dan tidak berjalan baik. Hasil tes kehamilan kami pernah positif dan kami langsung lupa dengan segala kecemasan karena sangat bahagia. Tetapi beberapa minggu kemudian aku keguguran. Itu membuatku tidak nyaman secara fisik dan menghapus optimisme yang tersisa," kata Michelle.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ibu dari Malia dan Sasha ini menceritakan perjuangannya untuk menjadi orangtua itu dalam acara Good Morning America.

"Aku merasa gagal karena tidak tahu seberapa umum kasus keguguran, karena kita tidak pernah membicarakannya. Kami merasa sendiri dalam kesedihan," ujarnya.

Dalam buku memoirnya itu, Michelle mengungkapkan akhirnya ia dan Barrack memutuskan menjalani program bayi tabung.

Menurutnya, Barrack sangat perhatian dan manis selama mereka menjalani program bayi tabung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.