Kompas.com - 12/11/2018, 09:07 WIB
Ilustrasi ayah dan anak shutterstockIlustrasi ayah dan anak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orangtua sejatinya adalah pembimbing dan panutan teladan bagi putra dan putrinya. Baik ayah maupun ibu, punya peran besar terhadap proses perkembangan setiap anak.

Uniknya, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan ikatan yang kuat antara ayah dan anak perempuan bisa membantu sang anak dalam mengatasi rasa kesepian yang dialaminya.

Awalnya, para peneliti dari Ohio State University menemukan fakta bahwa anak perempuan yang tidak terlalu dekat ayahnya cenderung diselimuti rasa kesepian hebat dibandingkan dengan anak perempuan yang punya hubungan dekat dengan ayah.

Kesimpulan ini diperoleh setelah studi yang dimuat dalam Journal of Family Psychology melakukan survei pada hampir 700 keluarga.

Peneliti meminta kedua orangtua untuk menilai dan menjelaskan hubungan personal mereka dengan anak-anak yang berada di kelas 1, 3, 4, dan 5 sekolah dasar. Tujuannya untuk menentukan sejauh mana tingkat kedekatan serta konflik yang kerap terjadi di antara orangtua dan anaknya.

Baca juga: Pahamilah, Manfaat Ayah Bermain dengan Anak...

Dijelaskan oleh Julia Yan, selaku peneliti utama sekaligus mahasiswa program doktor di Ohio State University, bahwa tingkat kedekatan mulai menurun dan konflik semakin sering terjadi antara orangtua dan anaknya dalam rentang waktu tersebut.

Menurutnya, karena anak-anak di masa itu sedang belajar tumbuh lebih mandiri, dan mulai membuka pertemanan dengan teman sebayanya, hingga lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Hal ini tanpa sadar bisa menumbuhkan rasa kesepian dalam diri anak.

Setelah ditelisik lebih jauh lagi, ternyata tingkat kesepian anak-anak ini mengalami penurunan saat mereka dikelilingi oleh teman-teman terdekatnya. Bahkan, bisa benar-benar hilang pada ayah dan anak perempuan yang punya hubungan dekat.

Atas dasar ini, Xin Feng, salah seorang peneliti lainnya, mengungkapkan bahwa sosok seorang ayah memegang kunci penting dalam melindungi dan membantu mengusir rasa kesepian yang dialami anak perempuannya.

Apa bedanya dengan ibu?

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X