Kompas.com - 12/11/2018, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Bicara soal pola asuh anak, peran ayah tak kalah pentingnya dari ibu. Mulai dari perkembangan anak sejak lahir hingga menuju usia dewasa.

Anak-anak yang tumbuh dengan pola asuh yang melibatkan ayah memiliki kehidupan sosial dan akademik yang cenderung lebih baik, dibandingkan mereka yang berjarak atau tak berhubungan baik dengan ayahnya.

"Kami menemukan anak-anak yang pada pola asuhnya melibatkan ayah cenderung punya masalah lebih sedikit."

Begitu kata Maureen Black, PhD, peneliti dan profesor pediatrik di University of Maryland School of Medicine.

Secara spesifik, penelitian Black menunjukkan, anak-anak tersebut memiliki skill bicara yang lebih baik, dan masalah tingkah laku yang lebih sedikit, ketika dalam pola asuhnya melibatkan sosok ayah.

Baca juga: Bayi yang Baru Lahir Juga Perlu Dekapan Hangat dari Ayah

Menariknya, hasil yang sama juga ditunjukkan terhadap anak-anak yang bahkan tidak tinggal satu rumah dengan ayah mereka. Misalnya, pada situasi perceraian.

Lalu, anak-anak dengan ayah yang rutin menanyakan kehidupan sekolah dan aktivitas sosial, cenderung memiliki hubungan yang baik di sekolah, ketimbang anak-anak yang mengalami hal sebaliknya.

Itu adalah kesimpulan dari sebuah penelitian di University of Illinois.

Namun, perlu dicatat bahwa ayah yang dimaksud tidak harus ayah biologis, melainkan bisa ayah adopsi, ayah tiri, atau orang dewasa pria yang ada di lingkungan sekitar anak.

Para peneliti dari University of Oxford juga menemukan hasil serupa.

Halaman:
Sumber Parents


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.