Kompas.com - 12/11/2018, 16:16 WIB
ilustrasi lari saat hujan shutterstockilustrasi lari saat hujan
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Kalau kamu rutin berolahraga, jangan jadikan musim hujan sebagai alasan untuk absen. Namun begitu, olahraga saat musim hujan juga riskan cedera. Jalanan yang licin dan becek bisa membuat kita jatuh terpeleset. Belum lagi risiko sakit setelah hujan-hujanan.

Walau begitu, ada cara yang bisa kita lakukan agar tetap bisa berolahraga dengan aman. Apa sajakah?

1. Pemanasan tetap wajib

Pemanasan adalah ritual yang tidak boleh terlewatkan setiap kali mau berolahraga, baik pada cuaca panas maupun dingin berangin. Nyatanya, berolahraga tanpa pemanasan apalagi di cuaca dingin justru meningkatkan risiko keseleo atau cedera.

Namun, cara pemanasan tidak boleh sembarangan. Para ahli menyarankan untuk melakukan pemanasan minimal 15 menit di dalam ruangan terlebih dulu agar suhu tubuh bisa meningkat lebih cepat. Kemudian, ikuti dengan gerakan peregangan untuk mencegah cedera.

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk pemanasan di dalam ruangan, siasati dengan pemanasan dinamis (pemanasan yang dilakukan dengan berpindah tempat; tidak diam di satu tempat) sampai tubuh memanas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contohnya jika kamu akan berlari, pemanasan dinamis yang diperlukan adalah berjalan cepat atau jogging. Lalu senam di tempat untuk meregangkan otot paha, bokong, punggung bawah.

Baca juga: Kurang Pemanasan dan Salah Pakaian, Kekeliruan Utama Saat Olahraga

2. Gunakan baju berlapis

Jika kamu tetap olahraga saat musim hujan, sebaiknya selalu gunakan pakaian berlapis. Mulai dari baju berbahan sintetis yang paling tipis dulu sampai yang paling tebal serta bisa menahan terpaan angin kencang dan air hujan.

Hindari baju olahraga berbahan katun karena bisa menyerap keringat. Sebab, baju yang basah oleh keringat akan membuat suhu tubuh menurun dan meningkatkan risiko hipotermia.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.