Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup Lebih Tenang dengan Mengusir Pikiran Negatif

Kompas.com - 13/11/2018, 06:17 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Opini atau pikiran diri sendiri terkadang menjadi penyebab terbesar hidup kita dipenuhi kecemasan, bahkan kemarahan. Sayangnya, seringkali kita mudah dikendalikan oleh pikiran negatif.

Ketika pikiran itu datang, kita seringkali merasa lebih gelap, penuh kecurigaan, dan juga iri. Semua ini hanya akan menguras energi dan membuat kita menjadi tidak produktif.

Oleh karena itu, penting untuk bisa melenyapkan pikiran ini dari kepala kita. Setidaknya ada empat trik yang bisa kamu coba.

1. Bicarakan pikiran negatif yang dirasakan

Mendiskusikan masalah atau pemikiran itu dengan seseorang yang dekat denganmu akan membantumu keluar dari situasi buruk. Kamu bisa saja mendapatkan sudut pandang yang baru atau belajar dari pengalaman orang lain ketika menghadapi kecemasan akibat "pikiran" kita sendiri.

2. Jangan biarkan pikiran negatif menjatuhkanmu

Banyak orang sering merasa takut ketika pikiran-pikiran negatif masuk. Ketika hal itu terjadi, cobalah untuk menghadapi rasa takut tersebut alih-alih kabur darinya.

Kamu harus bisa menghadapi rasa takut dan pikiran negatifmu. Mulailah berpikir secara realistis dan menganalisa skenario terburuk. Kekhawatiran negatif yang menjatuhkanmu kemudian akan terlihat sebagai masalah kecil kita kamu melakukannya.

Baca juga: Bahaya Pelihara Sikap Pesimis

3. Berhenti over-reaktif

Berhentilah merespons secara berlebihan masalah-masalah kecil yang ada. Dengan melakukannya, kamu juga akan menghentikan masalah dari pucuknya.

Memikirkan pikiran negatif hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk.

Biasanya, ketika kamu memikirkan sebuah masalah, hal yang biasa terjadi adalah pikiranmu akan secara otomatis memunculkan pikiran-pikiran jahat dari situasi yang ada dan kamu akan mengenalinya sebagai sesuatu yang negatif.

Lebih baik kamu berusaha untuk terus berpikir positif dan tidak membuang energi untuk secara spesifik memikirkan masalah yang tidak akan bertahan selamanya.

4. Menemukan hal positif di antara hal negatif

Jika kamu gagal, ada kemungkinan pikiran-pikiran negatif tersebut bertahan lebih lama dan mengancammu secara mental.

Untuk mengusir pikiran tersebut, cobalah untuk memikirkan hal-hal positif. Mulailah dengan memikirkan hal baik apa yang terjadi pada situasi yang sedang kamu rasakan. Lalu cobalah menerima kegagalan tersebut dan miliki energi baru untuk bangkit.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com