Cerita Rachel Amanda Menang Lawan Kanker Tiroid

Kompas.com - 14/11/2018, 06:19 WIB
Rachel Amanda ditemui usai jumpa pers film Terlalu Tampan di kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (25/10/2018). KOMPAS.com/IRA GITARachel Amanda ditemui usai jumpa pers film Terlalu Tampan di kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (25/10/2018).

KOMPAS.com — Aktris Rachel Amanda kini menjalani hidup dengan penuh kesadaran setelah berhasil menang melawan penyakit kanker tiroid.

Dara kelahiran 1 Januari 1995 ini mengaku lebih menjaga kesehatan mental dan fisiknya.

"Sebenarnya tidak ada pantangan makanan, tetapi ketika pengen makanan tertentu pasti aku pikirkan dulu ada manfaatnya atau tidak buatku, jadi lebih sadar saja," kata wanita yang akrab disapa Amanda ini.

Sementara kesehatan mental ia bangun dengan melakukan olahraga yang membuatnya tenang, seperti yoga secara rutin.

"Aku juga berusaha mendengarkan tubuhku. Kalau sudah capek, istirahat," paparnya yang ditemui disela peluncuran aplikasi Go Apotik di Jakarta (13/11).

Amanda merasa beruntung karena kanker tiroidnya ditemukan di stadium satu sehingga proses penyembuhannya lebih cepat.

Stadium satu

Dokter mendiangosisnya kanker tiroid pada tahun 2014. Ketika itu Amanda mengalami hipertiroid dan minum obat secara rutin.

Kondisi hipertiroid atau hormon tiroid yang terlalu aktif membuatnya mengalami gejala gampang lelah, jantung berdebar-debar, metabolisme tinggi, dan juga sering gemetar.

"Waktu itu aku minum obat hipertiroid untuk menormalkan hormonnya, tetapi setelah stabil leherku makin bengkak dan ternyata ada tumor di tiroid kanan," tutur wanita yang baru meraih gelar sarjana psikologi ini.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X