Hari Diabetes Sedunia, Ini Sejumlah Fakta Mengenai Penyakitnya

Kompas.com - 14/11/2018, 14:33 WIB
ilustrasi diabetes simpson33ilustrasi diabetes

KOMPAS.com – Diabetes atau penyakit kencing manis menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Penyakit ini disebabkan kandungan gula darah yang berlebihan di dalam tubuh. Sebagian besar diakibatkan faktor genetik, namun gaya hidup juga memiliki peran yag tidak sedikit.

Hari ini, 14 November 2018 diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day (WDD). Peringatan ini mulai diadakan pada 1991yang diprakarsai oleh World Health Organization (WHO).

Penyakit diabetes di Indonesia menduduki peringkat ke-7 terbanyak di dunia, dengan jumlah penderita sebanyak 10 juta jiwa.

Berikut ini beberapa fakta berdasarkan data dari WHO, Oktober 2018 tentang penyakit diabetes di dunia.

Apa itu diabetes?

Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin yang mencukupi, atau tubuh tidak dapat menggunakan jumlah insulin yang ada secara efektif.

Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh. Akibatnya, gula darah berlebihan dan timbul penyakit yang disebut diabetes.

Baca juga: Banyak Orang Tak Sadar Derita Diabetes

Jenis diabetes

Terdapat beberapa jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional.

Diabetes tipe 1 ini karena kekurangan insulin, sehingga penderita harus mendapat tambahan insulin setiap harinya agar keadaannya tetap stabil. Biasa terjadi juga pada penderita anak-anak.

Tanda-tanda dari diabetes tipe 1 ini antara lain buang air kecil berlebihan, haus dan lapar yang konstan, mengalami penurunan berat badan, perubahan kemampuan penglihatan, dan kelelahan. Semua ini dapat terjadi secara tiba-tiba.

Kemudian diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang disebabkan oleh ketidakefektifan penggunaan insulin dalam tubuh. Tipe 2 inilah yang dialami oleh sebagian besar penderita diabetes di dunia ini.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X