Kompas.com - 14/11/2018, 18:54 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com -  Kondisi rambut yang kering atau kusut bisa jadi penyebab rambut gampang patah dan rontok. Selain itu penampilan keseluruhan akan terlihat tidak segar.

Untuk mencegah rambut kering, kita harus mengetahui penyebabnya. Ada beberapa kebiasaan kecil yang mungkin kita lakukan sehari-hari namun tanpa disadari membuat rambut kita rusak parah.

1. Mengabaikan kebersihan peralatan rambut

Banyak orang abai pada kebersihan peralatan rambut, seperti sisir, pelurus rambut, dan lainnya.

Padahal, hal itu diperlukan agar residu atau kotoran yang ada pada peralatan tersebut tidak kembali ke rambut.

2. Penggunaan alat yang terlalu panas

Penggunaan alat penata rambut seperti pengeriting, pelurus hingga pengering rambut yang terlalu panas bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

"Semakin lembut rambut, maka temperatur panas yang digunakan harus semakin minimal," kata Mark Goodman, hair care professional kepada WebMD.

3. Terlalu jarang atau sering mencuci rambut

Creative director HARI's salons, London, Craig Taylor menjelaskan pada Marie Claire bahwa rambut kering seharusnya dicuci maksimal dua kali seminggu menggunakan sampo surfaktan bebas sulfat dan mengandung pelembap berkonsentrasi tinggi (glycerine, sodium PCA) untuk membantu mengatasi dehidrasi rambut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.