Ani Yudhoyono Koleksi Kain Daerah sejak Remaja

Kompas.com - 16/11/2018, 08:38 WIB
Istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono ketika menghadiri pameran dan bazar tenun Cita Tenun Indonesia di Pacific Place, Jakarta, Kamis (15/11/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraIstri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono ketika menghadiri pameran dan bazar tenun Cita Tenun Indonesia di Pacific Place, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecintaan terhadap kain nusantara membuat sosok Ani Yudhoyono rajin mengoleksi kain dari setiap daerah yang dikunjunginya.

Di rumah, istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu punya lemari khusus untuk menyimpan kain.

Bahkan beberapa kain dipajangnya dan dirotasi secara berkala. Pada kesempatan tertentu Ani kerap memandangi kain-kain tersebut dan mengagumi kecantikannya.

"Hampir semua daerah di Indonesia saya punya. Karena saat datang ke suatu tempat saya biasa koleksi satu atau dua dan akhirnya banyak sekali," katanya ketika ditemui di pameran dan bazar tenun Cita Tenun Indonesia di Pacific Place, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Ani mengaku tak pernah menghitung secara persis jumlah kain yang dimilikinya. Namun, saking cintanya dengan kain daerah Indonesia, ia pernah membuat buku dengan topik tersebut.

Menurutnya, kain daerah adalah salah satu bagian dari budaya Indonesia yang harus dicintai, dilestarikan dan disampaikan kepada dunia.

Dari sekian banyak kain yang dimilikinya, kain daerah khas Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Palembang menjadi favoritnya.

Cerita di balik pembuatan sehelai kain menjadi salah satu yang dicari Ani ketika membeli kain.

"Dari NTT luar biasa bagus-bagus. Saya senang motif Sumba. Jadi ada ceritanya. Apalagi kalau sudah tahu cerita dari satu tenun, saya makin tertarik," kata wanita bernama lengkap Kristiani Herrawati itu.

Baca juga: Mengintip Pameran dan Bazar Tenun 14 Daerah dari Cita Tenun Indonesia

Istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono ketika menghadiri pameran dan bazar tenun Cita Tenun Indonesia di Pacific Place, Jakarta, Kamis (15/11/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono ketika menghadiri pameran dan bazar tenun Cita Tenun Indonesia di Pacific Place, Jakarta, Kamis (15/11/2018).
Dalam setiap kesempatan Ani selalu berusaha menyebarkan kecintaan terhadap kain daerah, yaitu dengan cara menggunakannya. Ani hampir selalu keluar rumah mengenakan kain daerah, terutama pada acara-acara formal.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X