5 Minuman Sehat yang Cocok untuk Memulai Hari Lebih Semangat - Kompas.com

5 Minuman Sehat yang Cocok untuk Memulai Hari Lebih Semangat

Kompas.com - 16/11/2018, 10:08 WIB
Ilustrasi minumshutterstock Ilustrasi minum

KOMPAS.com - Setelah tidur semalaman, tubuh rentan dehidrasi karena tidak mendapatkan asupan cairan apa pun. Itu kenapa kita sebaiknya langsung minum setelah bangun tidur.

Nah, apa sih yang biasanya kamu teguk di pagi hari? Secangkir kopi hitam? Psstt… nyatanya beragam penelitian sudah menunjukkan bahwa waktu paling sehat untuk minum kopi ternyata bukan pagi hari.

Baca juga: Minuman yang Direkomendasikan untuk Kurangi Lemak Perut

Sebagai gantinya, coba racik beberapa pilihan minuman sehat di pagi hari ini agar bisa lebih segar dan bersemangat memulai segudang aktivitas seharian.

1. Air jeruk atau lemon

Ilustrasi air lemonshutterstock Ilustrasi air lemon
Masih ngantuk tapi harus buru-buru berangkat di pagi buta? Segarkan tubuh dan pikiran dengan segelas air lemon atau air jeruk yang kaya akan vitamin!

Rasa asamnya tentu akan membuat kamu makin melek. Kandungan vitamin C-nya juga sekaligus membantu meningkatkan stamina tubuh sepanjang hari.

Tak hanya itu. Antioksidan dan mineral yang terkandung dalam air lemon ikut membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga kita tidak gampang sakit.

Cara membuatnya mudah. Malam sebelumnya kamu bisa membuat infused water dengan memasukkan irisan buah lemon ke dalam sebotol air putih, kemudian dinginkan di kulkas selama tidur.

Atau jika ingin yang hangat-hangat, peras air lemon ke dalam secangkir air hangat. Kamu bisa tambahkan madu jika ingin rasa yang lebih manis.

Baca juga: Manfaat Air Lemon yang Jarang Diketahui

2. Air kelapa

Ilustrasi air kelapashutterstock Ilustrasi air kelapa
Jika kurang suka rasa asam atau takut pagi-pagi sakit perut karena minum air lemon, cobalah air kelapa. Air kelapa adalah salah satu alternatif minuman sehat di pagi hari yang punya banyak manfaat buat tubuh.

Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman tidak makan dan minum. Dilansir dari laman Healthline, air kelapa kaya antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Tidak hanya itu. Air kelapa juga menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh. Rutin minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh).

Semua manfaat ini akan lebih baik lagi jika kita minum air kelapa segar, bukan yang kemasan. Kita bisa membeli stok air kelapa segar dan kemudian simpan di kulkas untuk dinikmati setiap hari.

Baca juga: Sederet Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

3. Jus atau smoothies

ilustrasi smoothiesshutterstock ilustrasi smoothies
Jika punya cukup waktu luang di pagi hari, kenapa tidak coba racik segelas jus? Minuman satu ini tidak hanya membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, tapi juga memberikan asupan beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan sepanjang hari.

Selain itu, tingginya serat dari jus membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi keinginan makan banyak.

Hebatnya lagi, jus adalah minuman sehat yang fleksibel. Kita bisa membuat jus kombinasi beberapa buah, atau kombinasi jus sayuran yang dipadukan dengan buah favorit.

Jika ingin versi yang lebih mengenyangkan, kreasikan jus buat atau sayur favorit sebagai smoothies dengan menambahkan pengental seperti yogurt, susu, bubuk oatmeeal, atau protein powder. Psstt… Jangan tambahkan gula pasir ya! Alternatifnya bisa gunakan madu sebagai pemanis.

Baca juga: Buah dan Sayuran yang Sebaiknya Tak Dibuat Jus

4. Teh jahe

Ilustrasi teh jaheshutterstock Ilustrasi teh jahe
Apabila kamu adalah tipe orang yang selalu memulai hari dengan minuman hangat, rasanya teh jahe bisa jadi alternatif teh manis kesukaan.

Teh jahe adalah minuman sehat di pagi hari yang dapat memberikan segudang manfaat sepanjang hari. Sejak dulu kala, jahe dikenal sebagai rempah yang membantu meredakan mual serta menyembuhkan nyeri dan sakit otot.

Jahe juga dikenal mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu tubuh mengatur respon insulin dengan lebih baik.

Cara buatnya mudah. Rebus air selama 5 menit dan masukkan beberapa sendok parutan jahe segar. Saring air jahe tersebut, kemudian masukkan teh celup. Sajikan selagi hangat.

Baca juga: Ingin Sukses Turun Berat Badan? Jahe Bisa Jadi Kuncinya

5. Jus lidah buaya

Ilustrasi lidah buayashutterstock Ilustrasi lidah buaya
Lidah buaya dikenal dengan efeknya yang menyehatkan kulit. Namun, minum jus lidah buaya juga tak kalah menyehatkannya untuk tubuh. Lidah buaya kaya akan zat gizi yang penting, seperti vitamin B, C, E, asam folat, dan vitamin B-12.

Berkat kandungan enzim dan bakteri baiknya, jus lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sembelit, perut kembung, irritable bowel syndrome (IBS), radang usus, hingga gangguan asam lambung (GERD). Lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah dan meredakan gejala radang tenggorokan.

Kamu bisa mencampurkan potongan daging lidah buaya ke dalam segelas air atau teh tawar hangat sebagai minuman sehat di pagi hari.

Baca juga: Mengenal Khasiat Lidah Buaya, untuk Kulit hingga Sembelit


Sumber

Close Ads X